Momen Perkembangan Emas Buah Hati Bunda di Bulan Ke-3

Bunda, ini dia masa yang ditunggu-tunggu! Sifat si kecil akan mulai terlihat. Ia akan lebih santai ketika terbangun dan mulai berkomunikasi dengan Bunda melalui senyuman dan anggukannya. Bunda juga mulai bisa mengenali apa yang si kecil sukai, ketika si kecil senang dan sebaliknya melalui gerakan tangannya!

Otot si kecil juga mulai terbentuk dan semakin menguat sehingga ia mulai bisa menahan kepalanya sendiri. Kalau Bunda mendudukkan si kecil, ia mulai dapat mendorong dengan tangannya, meluruskan atau menendang kakinya.

Mata dan tangan si kecil juga mulai berkembang dan berkoordinasi dengan baik sehingga si kecil mulai dapat menggenggam atau menyingkirkan benda-benda di sekitarnya. Tangannya akan dengan spontan menjadi objek kesenangannya karena si kecil mulai dapat membuka dan mengepalkan telapak tangannya, juga bermain dengan jari-jemarinya.

Pada bulan ini, penglihatan dan pendengaran si kecil juga akan jauh lebih berkembang, Bunda. Jadi, siap-siap di minggu-minggu berikutnya ya, Bun! Si kecil akan mulai menolehkan kepalanya ketika ia mendengar suara Bunda dan hapal dengan hal-hal tertentu, seperti wajah Bunda.

Si kecil juga akan mulai beristirahat selama kurang lebih 15 jam per hari, dimana 12 jam pada malam hari dan 2-3 kali tidur siang. Ketika perut si kecil semakin berkembang, ia akan minum lebih banyak ASI dan beristirahat selama 6-7 jam berturut-turut. Kini, Bunda dapat mengenalkan si kecil jam tidur siang dan istirahat di malam hari.

Di bulan ketiga ini, si kecil masih harus mengkonsumsi ASI atau susu formula. Setiap perubahan fisik yang si kecil alami mungkin akan membuatnya lebih sering merasa lapar beberapa hari. Jangan anggap ini sebagai tandanya si kecil mulai dapat disapih ya Bunda, karena pencernaannya belum berkembang sepenuhnya. Si kecil belum dapat mengkonsumsi makanan padat atau berlebihan hingga beberapa bulan kedepan.

Memperhatikan Si Kecil Berusia 3 Bulan

Saat pinggang, lutut dan sikut si kecil berkembang semakin kuat dan fleksibel, Bunda bisa melihat si kecil mulai aktif berguling ke kanan dan ke kiri. Hal ini mungkin akan mengejutkan Bunda, jadi Bunda harus lebih berhati-hati dan jangan meninggalkan si kecil di tempat tinggi atau tak bersekat.

Untuk membantu si kecil memperkuat otot lehernya, ajak si kecil bermain “berbaring terbalik” setiap hari. Mulai dari beberapa menit hingga meningkat jadi 15-30 menit. Bersamaan dengan perkembangan panca indera si kecil, ia akan menyukai setiap sentuhan yang Bunda berikan, seperti mengusap, memijit dan menimangnya untuk membuat si kecil lebih tenang.

Ketika si kecil mulai senang berceloteh pada Bunda, semangati dia dengan meresponnya setiap hari, walaupun hanya menjelaskan apa yang sedang Bunda lakukan saat itu. Membaca adalah salah satu cara yang ampuh untuk membantu perbendaharaan kata si kecil makin berkembang lho, Bun! Coba berkomunikasi dengan suara yang berbeda-beda dan nyanyikan si kecil lagu anak-anak untuk menarik minatnya, Bunda.

Tips Bulan Ini

Memasuki bulan ketiga ini, Bunda pasti semakin bahagia karena si kecil yang semakin responsif terhadap Bunda. Ia mungkin akan tertawa dan menggoyangkan tangannya ketika Bunda mendekat dan berhenti menangis kalau Bunda memeluknya. Yuk, kenali si kecil lebih baik lagi dengan menghabiskan lebih banyak momen bersamanya. Untuk para ibu yang bekerja, yuk siap-siap menentukan siapa yang akan menjaga si kecil ketika Bunda akan kembali bekerja; apakah baby-sitter, sang nenek atau Ayah? Pertimbangkan dengan baik ya, Bun.

Fakta Seputar Si Kecil

Si kecil akan mulai senang bercanda, lho Bun di bulan ini. Coba untuk gelitik atau tiup perut si kecil untuk membuatnya tertawa geli.

Apa Yang Ayah Bisa Bantu?

Ketika si kecil mulai bisa tidur teratur, Ayah bisa membantu Bunda di aktivitas lain seperti memandikan si kecil atau membacakan si kecil cerita sebelum tidur. Hal lain yang bisa ayah lakukan untuk bunda adalah membelikan Bunda makanan atau membantu memasak bila Bunda tidak sempat memasak untuk keluarga .Yuk, Ayah, dicoba!

Ada kisah unik Bunda dan si kecil dalam usianya di bulan ketiga? Share di kolom komentar dibawah ini, yuk

Klik Disini Untuk Perkembangan Buah Hati Di Bulan ke-4

Related Posts

Subscribe

If you enjoyed this article, subscribe now to receive more just like it.

Subscribe via RSS Feed

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

3 Comments

Trackback URL Comments RSS Feed

  1. zhanaria says:

    Senang sekali lihat perkembangan azizah di bulan ke 3…
    sekarang azizah lg belajar tengkurp…

  2. Aniar Hutabarat says:

    Hy cussonsbaby…saya bunda Davin usia baby sdh 3m7h,skarang davin lagi supeeer aktif banget..senang sekali menggerak gerakkan tangan n kakinya alias nendang x ya sampai berkeringat loh hihihihi..ngoceh-ngoceh n tertawa riang sekali…apa anak bunda juga bgtu?

Top