Ketika Buah Hati Bunda Mulai Menikmati Dunia di Bulan Ke-4

Hai Bunda! Bagaimana perkembangan si kecil sekarang? Pasti semakin pesat ya J . Kini, kaki dan tangan si kecil akan semakin aktif dan bertambah kuat. Bunda bisa lihat dari bagaimana si kecil mulai dapat menggenggam mainannya dan menggoyang-goyangkannya. Selain itu, ia akan gemar menarik rambut atau anting Bunda. Ia juga akan semakin aktif memasukkan benda apapun ke dalam mulutnya. Si kecil juga akan menendang-nendangkan kakinya ke permukaan kasar bahkan pangkuan Bunda! Jangan kaget ya, Bun.

Ketika si kecil sedang duduk manis, ia mulai bisa meregangkan kakinya bahkan berguling tiba-tiba! Tapi ingat ya, Bun, tidak semua bayi mengalami perkembangan motorik yang sama. Lihatlah hingga satu atau dua bulan kemudian. Si kecil juga kini bisa menahan beban kepalanya sendiri dengan seimbang, juga dengan mudah memalingkan kepalanya bila mendengar suara Bunda.

Penglihatan si kecil juga akan berkembang jauh lebih tajam, ini membuatnya mampu melihat benda dengan jarak yang lebih jauh dan membedakan warna-warna baru. Biasanya, para bayi akan memilih warna-warna terang sebagai mainan kesukaannya. Ia juga akan mulai gemar meniru suara-suara tertentu! Ini adalah salah satu tanda perkembangan kemampuan berbicaranya, Bun. Si kecil juga akan mulai mengalami pertumbuhan gigi, terdapat ruam kemerahan di gusinya adalah salah satu tanda giginya akan tumbuh. Ia juga akan sering memasukkan tangan ke dalam mulutnya.

Bunda juga sudah mulai dapat menikmati tidur yang cukup ketika si kecil memasuki bulan ke-4 ini, ia akan mulai terbiasa beristirahat selama 7-8 jam pada malam hari, juga akan beberapa kali tidur di siang hari.

Kini si kecil akan lebih sering menyusu dan sedikit mencerna makanan. Para experts menyarankan buah hati tidak mengkonsumsi makanan padat hingga usianya 6 bulan, jadi bila si kecil lapar, Bunda bisa menawarkan makanan tambahan yang lembek. Lihat tips menyusui lainnya di sini.

Karena si kecil senang meletakkan objek apapun yang ia pegang, pastikan si kecil tidak memasukkan benda kecil ke dalam mulutnya ya,Bun. Hal ini berguna mencegah si kecil tersendak atau menelan sesuatu. Ingat untuk membaringkan si kecil pada posisi tengkurap untuk memperkuat otot-otot tubuhnya. Si kecil juga akan menikmati berbagai permainan seperti merasakan objek-objek dengan tekstur tertentu, mendengar Bunda berbicara dan menyanyi untuknya!

Tips Bulan Ini

Seiring si kecil memasuki usia di bulan ke-empatnya, Bunda mulai dapat beristirahat dengan tenang di malam hari karena si kecil akan lebih sering terbangun di waktu siang. Ia juga akan lebih banyak bercanda, tersenyum dan tertawa, Bun!

Tips untuk Bunda di bulan ini adalah ingat untuk memberi makan si kecil secara rutin ya Bun, pastikan si kecil makan tepat pada waktunya walaupun ia tidak dapat menghabiskan seluruh makanannya.

Fakta Seputar Si Kecil

Pada bulan ke-empat ini, si kecil akan mulai mengenali dan menghapal wajah orang-orang dan benda di sekitarnya.

Apa Yang Ayah Bisa Bantu?

Ayah bisa mulai membacakan cerita nih untuk mengiring si kecil tertidur pulas. Walaupun ia belum mengerti apa yang Ayah ceritakan, ia akan menggemari indahnya suara Ayah.

Bunda memiliki cerita seru bersama si kecil pada usia 4 bulan? Ceritakan dikolom komentar yuk!

Klik Disini Untuk Perkembangan Buah Hati Di Bulan ke-5

Related Posts

Subscribe

If you enjoyed this article, subscribe now to receive more just like it.

Subscribe via RSS Feed

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

2 Comments

Trackback URL Comments RSS Feed

  1. Mia says:

    Baby Bagaz umur 4 bulan seneng banget diajak main. Sering mengikuti mimik wajah papa dan mamanya. Lucu banget….

Top