Aktifnya Buah Hati Bunda di Bulan Ke-5

Tahukah Bunda, memasuki bulan ke-limanya, ketika si kecil mulai bisa duduk sendiri untuk beberapa waktu adalah sebuah perkembangan emas yang istimewa lho, Bun! Jadi, bantu dia untuk duduk tegak dengan kaki terbuka atau terlipat, letakkan mainan yang dapat diraih si kecil, tidak lupa kelilingi si kecil dengan bantal untuk menjaganya bila rebah terjatuh secara tiba-tiba. Si kecil juga akan mulai aktif melompat selagi duduk. Yuk Bunda, bantu si kecil berdiri dan letakkan tangan Bunda di samping dekat ketiaknya ya.

Kini, si kecil juga akan terbiasa menggerakan tangannya, ia mulai dapat mengoper benda dari tangan satu ke tangan lainnya. Si kecil juga akan membuka tangannya ketika ia ingin digendong. Bunda pasti senang dengan perkembangan responsif dan sosial si kecil.

Pertumbuhan gigi kemungkinan akan mulai terjadi, namun ini semua bergantung pada si kecil, berikut ciri-cirinya:

  • si kecil mulai mengeluarkan air liur berlebih
  • gumpalan dalam mulut si kecil
  • berkas kemerahan di gusinya
  • menangis dan merasa kesakitan
  • mengusap-usap pipi atau menarik telinganya

Si kecil Bunda mungkin akan mulai belajar berbicara. Ia mungkin akan mengulang satu atau dua kata beberapa kali. Sifat si kecil juga akan mulai terlihat sekarang, Bun.

Pada bulan ke-5 ini, kebanyakan bayi akan tumbuh dan berkembang dengan pola tidur dan bangun yang mulai wajar. Ia akan tertidur sepanjang malam namun beberapa bayi mungkin akan beberapa terbangun untuk disusui pada masa 4-6 bulan pertamanya. Coba untuk membaringkannya ketika ia mengantuk ya, Bun.

Si kecil mungkin akan menunjukkan ketertarikannya untuk minum dengan menarik gelas yang sedang dipegang Bunda. Bila Bunda memberikan sedikit minuman Bunda tentu itu aman. Namun ingat ya Bun, si kecil masih membutuhkan ASI baik dalam bentuk botol maupun menyusu langsung dan belum boleh makan makanan padat. Ketika si kecil mulai memasukkan benda-benda ke dalam mulutnya, pastikan Bunda memperhatikan ya, jaga mainannya tetap bersih dan tidak perlu terlalu khawatir karena kotoran kecil tidak akan mengganggu sistem imun si kecil. Bunda bisa mencuci mainan dan perlengkapan si kecil secara berkala dengan cairan pembersih khusus untuk mainan/perlengkapan bayi seperti Cussons Baby Liquid Cleanser

Tidurkan si kecil dengan cara terlentang, agar si kecil tidak terlalu sering tidur berguling ya Bun. Bantu si kecil mengembangkan perbendaharaan bahasanya dengan mendudukkannya sambil membuat suara yang dapat ia tirukan. Permainan seperti Cilukba juga akan sangat menghibur si kecil, Bun! Dan Bunda bisa mencoba meletakkan mainan kesayangannya cukup jauh agar si kecil bisa mengembangkan otot motoriknya lebih baik!

TIps Bulan Ini

Bunda mungkin akan merasakan perasaan bahagia melihat ekspresi sayang si kecil terhadap Bunda –matanya yang berbinar ketika ia melihat Bunda lalu memberikan senyuman lebarnya! Bunda juga perlu mulai memikirkan penyesuaian rumah ketika si kecil mulai senang merangkak dan bergerak kemanapun ia mau. Seiring si kecil mulai memiliki rutinitas hariannya, Bunda akan merasa lebih lega dan memiliki ruang untuk bercanda dengan sahabat Bunda yang lain.

Fakta Seputar Si Kecil

Usia 5 bulan adalah awal usia dimana sebagian buah hati mulai menggemari mainan-mainan tertentu yang akan menjadi mainan favoritnya.

Apa Yang Ayah Bisa Bantu?

Pada bulan ini, ayah bisa lebih rileks dalam menjaga si kecil karena ia sudah mulai terbiasa dengan lingkungannya. Yuk, kini ajak si kecil jalan-jalan keluar menikmati pemandangan alam dan nikmati senyum tawanya.

Bunda mempunyai pengalaman mengenai mendampingi si kecil pada usia 5 bulan? Share di kolom komentar dibawah ini yuk, Bun!

Klik Disini Untuk Perkembangan Buah Hati Di Bulan ke-6

Related Posts

Subscribe

If you enjoyed this article, subscribe now to receive more just like it.

Subscribe via RSS Feed

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

3 Comments

Trackback URL Comments RSS Feed

  1. Noor Aida says:

    Azzam di usia 5 bln lebih belum bisa duduk, pernah coba saya dudukan tapi sepertinya tulang belakang nya belum kuat menopang tubuh nya.
    Di usia berapa idealnya bayi sudah mulai bisa duduk sendiri?

  2. Owin's mommy says:

    Baby ku sdh 5 bln. Tapi blm bisa duduk sendiri tanpa di topang. Itu normal gak yah ? Tks

Top