Memasuki Bulan Ke Tiga Masa Kehamilan

Kini, Bunda memasuki masa akhir tri semester pertama dan si kecil sedang mengalami perkembangan yang sangat pesat. Temukan hal apa saja yang akan Bunda alami pada bulan ke tiga di masa kehamilan Bunda. Nah, di bulan ke tiga ini, kehamilan Bunda akan mulai nampak, dilihat dari perut Bunda yang semakin membulat dan kenaikan berat badan yang Bunda alami. Bunda juga kemungkinan akan mengalami konstipasi karena perubahan hormon yang terjadi. Untuk menghadapi perubahan ini, makanlah banyak serat dan minum air putih sebanyak mungkin.

Masa Perkembangan Buah Hati

Saat ini, si kecil sedang mengalami pertumbuhan pesat dan wajahnya kini mulai terbentuk dengan perubahan posisi mata dari pinggir kepalanya. Pada minggu ke-14, sidik jari si kecil akan selesai terbentuk. Badannya berkembang dengan begitu pesat walaupun kepalanya masih berukuran cukup besar. Rambut si kecil juga mulai tumbuh dan pada beberapa bulan ke depan, tubuhnya akan tertutup dengan rambut halus bernama Lanugo. Lanugo berfungsi melindungi kulit si kecil ketika masih di dalam kandungan, beberapa bayi masih memiliki Lanugo ketika mereka lahir, namun pada beberapa minggu berikutnya, akan menghilang dengan sendirinya.

Ginjal si kecil juga mulai terbentuk dan ia mulai memproduksi urin. Sistem sirkulasi si kecil pun mulai berfungsi. Pada minggu ke-16, si kecil akan berukuran 10 sentimeter, organ dalam dan reproduksinya pun akan selesai terbentuk. Bunda mungkin akan mulai dapat mendengar detak jantungnya ketika sedang memeriksakan si kecil ke dokter.

Yang Bunda Rasakan Bulan Ini

Bunda kali ini telah memasuki tahap tri semester kedua. Walaupun kandungan Bunda terlihat semakin membesar, Bunda akan merasa jauh lebih baik dibandingkan bulan-bulan awal masa kehamilan Bunda. Bunda tidak perlu lagi pergi ke toilet sesering minggu-minggu sebelumnya, demikian juga rasa mual yang Bunda alami, kini akan jauh berkurang. Bunda juga akan merasa lebih berenergi dan dapat mulai melakukan olahraga ringan untuk membuat tubuh Bunda lebih bugar.

Pada minggu ke-16, keajaiban berikutnya akan terjadi, Bun! Bunda mulai dapat merasakan pergerakan si kecil di dalam perut Bunda, hal ini biasa disebut dengan percepatan. Bunda kini memasuki masa kehamilan yang begitu dinikmati para ibu. Yuk lihat apa yang akan Bunda alami di bulan ke-4 masa kehamilan Bunda

Bunda Tahu, Tidak?

Pada tahap ini, si kecil mulai dapat menunjukkan beberapa ekspresi di wajahnya. Ia bahkan bisa tersedak tiba-tiba ketika tak sengaja meminum air ketuban dan bisa mengisap jempolnya meski masih dalam kandungan.

Apa Yang Ayah Bisa Bantu?

Banyak ibunda yang senang bepergian untuk check-up kondisi si kecil bersama dengan pasangan. Jadi, kalau Ayah setia menemani Bunda check-up terutama di bulan ini, kemungkinan besar Ayah dapat mendengar detak jantung pertama si kecil lho!

Related Posts

Subscribe

If you enjoyed this article, subscribe now to receive more just like it.

Subscribe via RSS Feed

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Top