Memasuki Usia Kehamilan Bulan Ke Empat

Pada tahap tri semester kedua, si kecil akan berkembang dengan sangat pesat. Temukan hal-hal yang terjadi pada kehamilan di bulan ke-empat Bunda! Ketika Bunda tidak lagi merasa mual memasuki bulan ke-4 masa kehamilan ini, hal baru yang akan Bunda rasakan adalah keram perut yang disebabkan oleh perkembangan si kecil dalam rahim Bunda. Hal ini mungkin mengakibatkan Bunda sesak nafas pada saat-saat tertentu atau merasa panas di bagian dada, mungkin juga merasa penuh di bagian paru-paru dan perut Bunda. Tetap sabar ya, Bun, karena hal-hal menyenangkan akan Bunda rasakan juga. Apa saja ya? Salah satunya adalah rambut Bunda akan terlihat lebih tebal dan bersinar karena pengaruh perubahan hormon yang berfungsi untuk menangkal kerontokan rambut.

Masa Perkembangan Buah Hati

Kini, si kecil berkembang dengan cepat memasuki minggu ke-20, ia akan berukuran 25 sentimeter dari kepala hingga kakinya. Wajahnya pun semakin terbentuk layaknya bayi mungkin kebanyakan, dengan alis mata dan bulu mata yang mulai tumbuh walau ia belum dapat membuka matanya. Terdapat banyak perubahan yang dialami si kecil bulan ini, termasuk perkembangan sistem saraf dan organ intimnya, Bunda. Selera makan si kecil pun mulai terbentuk sekarang. Ia kini mulai dapat mendengar suara, walaupun belum begitu jelas. Si kecil juga semakin aktif bergerak memasuki bulan ke empat.

Yang Bunda Rasakan Bulan Ini

Pada bulan ke-4, jaringan plasenta dalam rahim Bunda akan mengambil alih hormon yang diproduksi, jadi Bunda mungkin akan merasa jauh lebih tenang dibandingkan beberapa bulan sebelumnya ketika Bunda merasa lebih emosional atau moody dibandingkan hari-hari biasa. Rahim yang terus membesar dan pergerakan si kecil di dalam perut Bunda kini mulai dapat Bunda respon dengan natural. Mungkin Bunda juga mulai menerka-nerka kapan kelahiran si kecil akan datang.

Bunda juga akan memproduksi lebih banyak hormon estrogen yang membuat Bunda merasa lebih “sexy”. Tidak apa-apa loh Bun untuk mengambil “waktu” bersama pasangan, karena kehamilan Bunda sudah aman dan berada pada tingkat resiko yang kecil. Hal ini tidak akan mengganggu si kecil karena ia dilindungi oleh kantung ketuban. Yuk, lihat apa yang akan terjadi di bulan ke-5

Bunda Tahu, Tidak?

Otak si kecil kini sedang sibuk terbentuk untuk bagian otak yang merespon bau-bauan, rasa, pendengaran, penglihatan dan sentuhan. Kemungkinan besar si kecil juga mulai dapat mendengar suara Bunda lho!

Apa Yang Ayah Bisa Bantu?

Ketika rahim Bunda sedang berkembang semakin besar, Bunda mungkin akan lebih mudah merasa tersinggung atau kesal dengan pendapat orang-orang sekitar mengenai penampilannya. Jadi, pastikan untuk selalu memuji perubahan pada penampilan Bunda ya, Yah.

Related Posts

Subscribe

If you enjoyed this article, subscribe now to receive more just like it.

Subscribe via RSS Feed

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Top