Bunda dan Kehamilan Bunda di Bulan Ke Lima

Halo Bunda! Bagaimana kondisi Bunda memasuki bulan kelima ini? Tenang ya, Bunda masih dalam kondisi kehamilan yang masih begitu dinikmati oleh ibunda kebanyakan. Memasuki bulan ke lima ini, mungkin Bunda sedikit khawatir akan kemunculan stretch marks atau garis-garis halus yang timbul karena perubahan berat badan. Bunda tidak bisa menghindari munculnya stretch marks, tapi mengoleskan lotion atau body butter di area tersebut dapat menjaga kulit Bunda tetap lembab terutama di daerah perut.

Bunda juga mungkin bisa mengalami wasir pada akhir tahap ini yang mungkin akan membuat Bunda tidak nyaman. Yuk, coba rendam bagian daerah pinggang ke bawah Bunda dalam air hangat untuk menghilangkan rasa nyerinya.

Masa Perkembangan Buah Hati

Pada tahap ini, otak si kecil terus berkembang dengan pesat. Ia pun mulai dapat merespon suara-suara—jadi si kecil mungkin bisa mendengar nyanyian dan ujaran Bunda di tahap ini. Ia juga dapat mendengar detak jantung Bunda dan suara bising dalam perutnya juga menjadi sensitif terhadap cahaya. Dokter yang menangani kehamilan Bunda juga mulai dapat mendengar denyut jantung si kecil lewat stetoskopnya atau hanya dengan menempelkan telinga ke perut Bunda.

Ketika sudah memasuki 24 minggu, selera makan si kecil akan terbentuk dengan sempurna dan ototnya pun semakin kuat, sama seperti paru-paru dan organ pankreasnya, Bun. Kini, ukuran tubuh si kecil akan berkisaran pada 30-35 sentimeter. Tubuhnya diselimuti oleh verniks, sebuah lapisan lembut yang membantu melindungi kulitnya dari cairan ketuban. Kulit si kecil yang keriput ketika masih dalam kandungan akan mengencang pada akhir masa kehamilan Bunda.

Yang Bunda Rasakan Bulan Ini

Memasuki bulan ke-5 ini, wajah Bunda akan semakin berseri—ini karena hormone kehamilan yang meningkat, menyebabkan aliran darah meningkat ke seluruh tubuh Bunda. Namun, penambahan berat badan menimbulkan adanya stretch marks. Bunda kini mungkin akan merasa lebih lapar dari biasanya—namun pemikiran Bunda harus makan untuk porsi dua orang adalah mitos

Bunda hanya memerlukan tambahan 300 kalori per hari. Kini, Bunda juga mungkin merasakan keram di kaki, penyebabnya adalah kombinasi antara hormone kehamilan dan tambahan berat badan yang Bunda sedang alami. Olahraga, stretching dan mandi air hangat akan membantu mengurangi sakit keram yang Bunda rasakan. Makan makanan yang kaya potasium seperti pisang dan jeruk juga akan sangat baik untuk Bunda. Yuk, lihat hal-hal yang Bunda akan alami memasuki kehamilan bulan ke-6

Bunda Tahu, Tidak?

Bila pusar Bunda cekung, kini kemungkinan bentuknya akan menonjol sekarang. Namun, bentuk pusar Bunda akan kembali ke bentuk normal setelah si kecil lahir.

Apa Yang Ayah Bisa Bantu?

Beberapa calon ibunda mengalami pegal punggung di masa tri semester kedua mereka. Nah, disini Ayah bisa banget lho membantu Bunda memberi pijitan lembut yang akan membuat Bunda merasa lebih baik.

Related Posts

Subscribe

If you enjoyed this article, subscribe now to receive more just like it.

Subscribe via RSS Feed

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Top