Merasakan Perkembangan Buah Hati di Bulan Ke Enam

Ini saatnya mengucapkan selamat tinggal pada masa-masa kenyamanan saat Bunda memasuki bulan ke enam masa kehamilan. Bunda mungkin akan sering merasa pegal dan sakit di daerah punggung, pundak dan kaki, juga merasakan panas di daerah dada yang terjadi ketika si kecil bergerak dan mengambil banyak tempat dalam perut Bunda. Memasuki tahap ini, Bunda mulai buang air kecil lebih sering dibandingkan sebelumnya ketika kandungan Bunda menekan saat Bunda buang air. Ini membuat kaki Bunda sedikit membengkak dan sakit. Coba rendam kedua kaki Bunda dalam air dingin ketika Bunda mulai merasakan sakit di daerah kaki. Pastikan Bunda memberitahu setiap keluhan yang Bunda rasakan ke dokter kandungan Bunda, sehingga ia dapat memastikan itu bukan pre-eklesia atau tekanan darah yang disebabkan oleh kehamilan yang Bunda alami. Pastikan Bunda mengalami kenaikan berat badan setengah kilo setiap minggunya, hal ini pasti memunculkan stretch marks pada kulit Bunda.

Masa Perkembangan Buah Hati

Si kecil mungkin akan mengalami beberapa kali cegukan—Bunda pun bisa merasakannya. Hal ini terjadi karena ia meminum cairan ketuban. Bunda juga bisa melihat perut bunda bergerak ketika si kecil sedang berpindah tempat. Pada tri semester ketiga yang dimulai di minggu ke-28, tubuh dan organ si kecil akan terbentuk secara sempurna, namun otaknya masih membutuhkan waktu untuk benar-benar matang. Pendengarannya sudah terbentuk dengan sempurna. Kelopak mata si kecil kini dapat terbuka, ia mulai dapat berkedip di minggu ke-29, ia akan sadar cahaya, juga warna pupil matanya tidak akan menetap hingga ia memasuki bulan ke-4 setelah kelahirannya. Memasuki minggu ke-29 juga, si kecil akan berukuran 43 sentimeter, namun ia masih membutuhkan tambahan berat badan sebelum ia lahir.

Yang Bunda Rasakan Bulan Ini

Pada akhir tahap ini, Bunda mungkin akan merasa tegang menghadapi masa kelahiran si kecil. Yuk cari informasi sebanyak mungkin sebagai bentuk persiapan untuk masa melahirkan nanti.

Hal selanjutnya? Yuk lihat apa yang akan Bunda alami di bulan ke-7 masa kehamilan

Bunda Tahu, Tidak?

Di tahap ini, si kecil akan mulai memiliki pola tidur dan bangun yang teratur. Ia akan mengalami fase REM ketika tidur, dimana si kecil mulai dapat bermimpi—tentang apa? Tidak seorangpun yang tahu.

Apa Yang Ayah Bisa Bantu?

Kini Ayah mungkin akan mulai mengenal si kecil sedikit demi sedikit—Ayah dapat merasakan tendangan si kecil di dalam kandungan Bunda, demikian juga si kecil dapat mendengar suara Ayah. Bunda mungkin mulai merasa tidak nyaman karena perkembangan si kecil yang semakin cepat, jadi beri Bunda kesempatan beristirahat sebanyak mungkin ya, Yah.

Related Posts

Subscribe

If you enjoyed this article, subscribe now to receive more just like it.

Subscribe via RSS Feed

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Top