Buah Hati Bunda Yang Semakin Lincah dan Ekspresif di Bulan Ke-11

Wah, tidak terasa ya Bun, si kecil sudah memasuki usia sebelas bulan! Pastinya ia semakin pintar berbicara dan mendengarkan. Makin semangat ajarkan si kecil kosakata-kosakata baru ya, Bun! Karena si kecil kini makin aktif dan mandiri, ia pasti akan semakin bersemangat menjelajah berbagai sudut dan ruang di sekelilingnya. Di saat seperti ini, Bunda dapat melihat bagaimana si kecil bisa berdiri sendiri, jongkok dan melangkahkan kakinya satu per satu dengan perlahan. Kebanyakan bayi akan berkeliling sambil memegang pinggiran furnitur rumah saat yang lainnya akan lebih tertarik untuk memanjat furnitur atau sofa di rumah.

Memasuki usianya yang sekarang, si kecil akan lebih sering mengekspresikan emosinya, apa yang ia sukai dan tidak sukai. Jadi, kalau Bunda melihatnya ngambek dan tiba-tiba rewel atau memegang lengan Bunda dengan kuat, pastikan untuk menenangkan si kecil dengan menunjukkan sikap positif dan tetap memujinya ya, Bun.

Untuk jam tidurnya, kini si kecil akan semakin nyenyak untuk tidur sepanjang malam. Mungkin ia juga akan tetap tidur di siang hari sesekali. Pastikan pola tidur si kecil tetap terjaga ya, Bun, dan ingat bahwa si kecil butuh waktu 10-14 jam untuk beristirahat dalam sehari, bergantung pada seberapa aktif si kecil kesayangan Bunda.

Karena si kecil juga mulai mandiri untuk berkeliling sendiri, ia pun akan berusaha mengambil makanan dan makan sendiri. Ia juga akan senang memegang gelas minumnya dan berusaha minum sendiri, Bun. Pastikan gelas yang dipegang si kecil aman untuknya ya.

Si kecil yang mulai mandiri kini mungkin mulai gemar pilih-pilih makanan. Walau Bunda kesal, tetap pastikan si kecil mendapat asupan gizinya ya dengan memberi si kecil cemilan yang menyehatkan seperti buah, susu dan biskuit bayi. Si kecil ini akan semakin senang ketika ia sadar kini ia dapat memanjat dan meraih benda-benda yang ia inginkan! Yuk, pastikan ia berada di lingkungan yang aman dari benda-benda berat dan tajam yang mungkin bisa jatuh menimpanya. Simpan obat-obatan, kosmetik dan benda-benda berbahaya jauh dari jangkauan si kecil ya, Bun!

Karena imun si kecil masih berkembang, si kecil mungkin akan mudah terkena flu, batuk atau pilek terutama ketika ia bertemu banyak orang baru. Namun, hal lain yang menyenangkan adalah penglihatan dan koordinasi gerak tangannya yang semakin baik. Bunda juga dapat melihat keceriaan baru yang si kecil tunjukkan seperti bagaimana ia dapat mengatur mainannya sendiri, mengambil benda dan meletakkannya lagi dengan baik, dan banyak hal tak terduga lainnya!

Menciptakan kreasi seni bersama juga akan membantu si kecil mengembangkan sistem koordinasinya. Yuk, coba ajak si kecil melukis atau menggambar dengan alat yang tentunya aman digunakan oleh bayi. Hal lain yang dapat Bunda coba adalah memberikannya buku cerita dan membacakan cerita untuknya! Ia akan begitu bersemangat menunjuk gambar yang menarik perhatiannya!

Tips Bulan Ini

Melihat si kecil yang semakin aktif bergerak, yuk Bun, ajak dia untuk berolahraga agar si kecil dapat tidur dengan pulas di malam hari dan lebih tenang, terutama bila Bunda mencoba memisahkannya dari mainan atau makanan favoritnya.

Fakta Seputar Si Kecil

Si kecil kini mulai pintar meniru lho! Ia mungkin akan gemar mengikuti gerakan yang Bunda buat, berpura-pura minum dari gelasnya yang kosong atau meniru suara lucu Bunda! Lucu sekali ya, Bun!

Apa Yang Ayah Bisa Bantu?

Yah, berhubung kini si kecil sedang gemar-gemarnya menjelajah seisi rumah, yuk, buat sekat untuk batasan tempat mana yang bisa dan yang tidak bisa si kecil jelajahi. Hal ini akan menjaganya tetap berada dalam pengawasan Ayah dan Bunda.

Bunda punya cerita lucu ketika si kecil meniru gerakan Bunda? Bagikan dikolom komentar yuk

Klik Disini Untuk Perkembangan Buah Hati Di Bulan ke-12

Related Posts

Subscribe

If you enjoyed this article, subscribe now to receive more just like it.

Subscribe via RSS Feed

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Top