Selamat Ulang Tahun untuk Buah Hati Bunda Yang Aktif dan Ceria!

Di usianya yang memasuki satu tahun ini, si kecil sangat gemar menjelajah ke berbagai tempat walau ia belum terlalu lancar berjalan. Kemampuannya berinteraksi juga semakin berkembang. Bunda akan terkagum-kagum melihat bagaimana pintarnya si kecil merespon ucapan Bunda sekarang, ia juga gemar bergumam dan mengomentari hal-hal yang menarik perhatiannya. Bunda akan dengan mudah mengerti apa yang si kecil rasakan sekarang, karena si kecil sudah bisa mengekspresikan emosinya dengan cukup baik.

Si kecil juga semakin percaya diri untuk mengambil barangnya sendiri dan bermain dengan benda-benda kecil karena kemampuan motoriknya yang sudah berkembang dengan sangat baik. Selain itu, ia juga akan melakukan aktivitas yang lebih menguras energi yang sangat baik untuk membentuk otot tangan dan kakinya. Banyak senggolan, benturan dan suara ketukan yang terjadi di bulan ini akibat ulah si kecil, bersabar ya, Bun. J

Memasuki jam tidurnya, si kecil sekarang mungkin akan lebih lama tidur dengan estimasi lamanya 11-12 jam per hari. Ini belum termasuk jam tidur siangnya lho. Fantastis bukan? Hal ini disebabkan oleh aktifnya si kecil ketika sedang terjaga dan hobi barunya, Bun! Apa lagi kalau bukan “menjelajah keliling rumah”. Tetap jaga suasana kamar si kecil tetap kondusif ya, Bun, agar si kecil bisa tidur nyenyak.

Ketika waktu makannya telah tiba, ini merupakan masa dimana kebebasannya terekspresikan karena ia dapat memilih makanan sesukanya. Bila si kecil senang memilih-milih makanannya, jangan kuatir ya, Bun. Letakan makanan si kecil yang belum habis didekatnya ya, Bun. Ini karena si kecil yang susah makan akan cepat merasa lapar lagi. Pastikan untuk selalu memberi si kecil apresiasi dengan memujinya bila si kecil menghabiskan makanannya. Bila gigi si kecil sudah mulai tumbuh cukup besar, Bunda bisa mulai memberi si kecil susu dengan menggunakan botol susu bayi, misalnya botol susu Cussons Baby (link to Cussons Baby milk bottle)

Berhubung si kecil kini aktifnya bukan main, pastikan tangga dan pagar tangga aman dari jangkauan si kecil untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Jaga si kecil untuk tidak memanjatnya bila kemungkinan terjatuh cukup besar. Rapikan juga benda-benda tajam, pecah belah dan kabel jauh dari si kecil. Karena si kecil kini mulai tertarik dengan aktivitas Bunda, ia mungkin ingin ikut membantu Bunda mengambil pakaian kotor atau membersihkan perabotan dapur. Yuk, ajak si kecil terlibat di dalamnya dengan mengajaknya menyamakan warna kaos kaki atau mengelap piring plastik dengan kain perabot bersih. Pasti menyenangkan! Intinya Bun, beri si kecil kesempatan untuk menikmati permainan yang menuntutnya aktif bergerak namun tetap aman. Menyusun mainan balok dan mengelilingi sofa atau kotak kardus kosong bisa jadi pilihan, Bun.

Tips Bulan Ini

Ketika si kecil telah memasuki usia satu tahun, yuk beri apresiasi istimewa untuk diri Bunda! Ajak suami Bunda ayah menikmati makan malam spesial, pergi jalan-jalan ke Mall untuk berbelanja atau pergi ke Ssalon untuk memanjakan diri Bunda seharian. Tentunya ketika si kecil asik bermain dengan ayah di rumah. Apresiasi seperti ini akan membuat Bunda makin semangat mengurus si kecil menjelang tahun keduanya!

Fakta Seputar Si Kecil

Balita bisa menjadi sangat frustrasi ketika ia menyadari kemampuan berbicaranya berkembang melambat saat kebutuhannya untuk berkomunikasi bertambah. Yuk, pelajari bahasa si kecil lebih dalam agar bisa mengerti satu sama lain lebih baik dengan cara merespon perkataan si kecil.

Apa Yang Ayah Bisa Bantu?

Yuk Yah, awasi si kecil ketika ia sedang menjadi penjelajah kecil dengan kegemaran barunya mengelilingi seluruh penjuru rumah! Pastikan si kecil terhindar dari benda-benda berbahaya yang bisa ia jangkau ya, Yah. Ketika Bunda sedang beristirahat dan si kecil masih terjaga, Ayah bisa temani si kecil yang masih ingin bermain lho, agar ikatan Ayah dan si kecil makin terjalin kuat.

Related Posts

Subscribe

If you enjoyed this article, subscribe now to receive more just like it.

Subscribe via RSS Feed

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Top