Tubuh Bunda setelah kelahiran: Apa yang akan terjadi

Kehamilan adalah salah satu perubahan fisik terbesar yang akan Bunda alami, dan hal ini membutuhkan waktu untuk kembali normal. Cari tahu apa yang akan terjadi setelah melahirkan.

 

Hari-hari pertama

Jika Bunda melahirkan secara alami atau caesar, Bunda akan merasa lemah dalam beberapa hari setelah melahirkan.

Payudara Bunda akan mulai memproduksi cairan, yang disebut kolostrum. Cairan ini berwarna kuning dan mengandung nutrisi bagi si bayi. Setelah 3 atau 4 hari, Bunda akan menghasilkan susu pertama untuk si bayi. Lihat lebih lanjut tentang teknik dasar dan cara menyusui bayi.

Pada awalnya perut Bunda masih akan cukup besar, karena otot-otot Bunda akan meregang dan rahim masih membesar. Bunda mungkin akan merasa kram, seperti sakit datang bulan, karena rahim akan kembali ke ukuran normal. Hindarilah meminum obat penghilang rasa sakit jika Bunda masih menyusui.

Bunda mungkin akan kurang memiliki kontrol terhadap kandung kemih karena otot panggul dasar Bunda masih lemah. Cari tahu bagaimana cara menguatkan otot panggul dasar disini.

Jika Bunda memiliki jahitan untuk episiotomi, jahitan ini akan cenderung terasa sakit.

Darah akan keluar lagi dari vagina setelah melahirkan, jadi pastikanlah Bunda sudah siap dengan stok handuk sanitasi yang sangat menyerap. Aliran darah akan terus keluar pada awalnya, tetapi akan berkurang selama beberapa minggu, dan kemudian berhenti.

Bunda yang mengalami kelahiran caesar perlu tinggal di rumah sakit selama beberapa hari dan juga mungkin tidak dapat mengemudi selama beberapa minggu.

Cara merawat diri:

  • Beristirahatlah sebanyak yang Bunda bisa, berbaringlah kesamping dan jangan berbaring dengan punggung Bunda.
  • Jangan banyak bergerak terutama dibagian perut. Ibu yang baru melahirkan mungkin tidak perlu pergi sama sekali untuk beberapa hari pertama, dan itu normal.
  • Tetap memakan banyak buah dan sayuran dan agar terhindar dari dehidrasi dengan meminum banyak air.
  • Jika Bunda mengalami kelahiran secara Caesar, hindari mandi selama beberapa hari setelah kelahiran.

 

Kapan waktu untuk ke dokter

Periksa dengan dokter atau bidan sebelum mengambil obat penghilang rasa sakit saat Bunda sedang menyusui.

Bicaralah dengan dokter atau bidan jika jahitan terasa sakit atau tidak nyaman.

 

Minggu-minggu pertama

Selama kehamilan, tubuh Bunda akan memproduksi zat yang disebut relaksin yang membuat proses kelahiran Bunda menjadi lebih mudah. Tingkat relaxin Bunda masih akan tinggi setelah kelahiran, sehingga Bunda mungkin lebih rentan terhadap cedera, karena sendi-sendi Bunda masih sangat fleksibel. Maka, berhati-hati lah saat latihan atau berolahraga.

 

Beberapa Bunda akan melalui masa dimana suasana hati yang sedih dan menangis setelah melahirkan - yang dikenal sebagai sindrom “baby blues”.

 

Mungkin rambut Bunda juga akan mulai rontok. Karena selama kehamilan, kadar estrogen meningkat tinggi berarti rambut akan rontok lebih sedikit dari biasanya. Tapi hal ini akan kembali normal, 'ekstra' rambut akan rontok dan rambut Bunda akan kembali normal.

 

Cara merawat diri

Jika merasa sedih dan cemas, cari dukungan dari pasanganmu, teman-teman dan keluarga. Banyak wanita mengalami sindrom “baby blues”, dan untungnya itu berlalu dengan cepat.

 

Kapan waktu untuk ke dokter

Carilah bantuan jika Bunda telah merasa depresi selama lebih dari beberapa minggu.

Related Posts

Subscribe

If you enjoyed this article, subscribe now to receive more just like it.

Subscribe via RSS Feed

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Top