Latihan setelah melahirkan – 7 latihan ringan untuk kembali fit

Tubuh Bunda telah mengalami perubahan besar. Berikut ini adalah daftar ide untuk membantu Bunda kembali aktif dan merawat tubuh setelah melahirkan.

 

  1. Latihan dasar panggul: Ini adalah cara yang sederhana tetapi ampuh untuk membangun kekuatan fisik Bunda –Latihan ini membantu menguatkan kembali otot-otot yang mendukung organ internal, dan juga akan membuat Bunda siap untuk latihan yang lebih banyak di kemudian hari.
  1. Latihan perut: Serupa dengan latihan dasar panggul, latihan menguatkan perut tidak terlalu berat dilakukan tetapi  memberikan manfaat besar. Duduk tegak, dan dengan lembut kontraksikan otot perut Bunda saat menghirup nafas secara perlahan-lahan. Kemudian relaksasikan saat menghembuskan nafas. Ketika Bunda merasa lebih kuat, Bunda dapat mengulangi latihan ini lebih banyak dan lebih lama menahan perut.
  2. Merawat punggung: Kebanyakan Bunda yang sedang mengandung dan  baru melahirkan pasti merasakan punggung yang sakit dikarenakan ketegangan saat hamil dan melahirkan. Jagalah punggung Bunda tersandar dengan benar dan pastikan punggung dalam posisi lurus tegak untuk membantu penyembuhan. Jika Bunda perlu mengambil sesuatu di lantai atau membungkuk, agar lebih mudah untuk punggung, tekuk lutut dan jongkok daripada membungkuk dari pinggang.
  3.  Berjalan-jalan dengan si Bayo: Ketika Bunda sudah merasa siap, Bunda bisa berjalan-jalan dengan si bayi dengan kereta dorong untuk mencari udara segar dan sinar matahari. Mulailah jalan secara perlahan dan secara bertahap untuk berjalan lebih jauh dengan langkah yang lebih cepat seiring Bunda merasa lebih kuat.
  4. Latihan bersama: Bergabunglah dengan Bunda baru lainnya dan melakukan latihan bersama-sama. Hal ini dapat dilakukan dalam suatu kelas olahraga atau bersama dengan teman atau sanak saudara. Bunda juga bisa membawa si bayi dan selalu dekat disaat sedang latihan.
  5. Latihan peregangan otot: Jika latihan berat terasa susah, cobalah dengan Yoga atau latihan peregangan otot yang lebih ringan. Hal ini dapat membantu memperkuat otot dan menenangkan pikiran disaat yang bersamaan.
  6. Berenang: Berenang adalah latihan yang dapat membantu peregangan sendi, Jadi berenang adalah pilihan yang bagus bagi Bunda yang sendi nya terlalu kendur dikarenakan hormon relaxin pada saat kehamilan.

Related Posts

Subscribe

If you enjoyed this article, subscribe now to receive more just like it.

Subscribe via RSS Feed

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Top