Olahraga Pinggul Paska Melahirkan untuk Bunda

Setelah Bunda melahirkan, organ bagian bawah tubuh Bunda pasti mengalami kekendoran dan tentu hal ini membuat Bunda dan Ayah kurang nyaman saat melakukan hubungan intim. Jangan biarkan hal ini terus mengganggu ya, Bun. Mari Bunda, coba ikuti olahraga mengencangkan organ daerah kewanitaan kembali dengan olahraga pinggul dasar.

Nah, sebelum mulai, mengetahui alasan mengapa Bunda perlu melakukan olahraga pinggul paska melahirkan itu penting lho untuk memotivasi Bunda rutin dan semangat melakukannya. Yuk Bunda, simak penjelasan berikut ini!

Apa itu pinggul dasar?

Dasar pinggul adalah daerah pinggang ke bawah yang memiliki jaringan otot. Setelah Bunda melahirkan, otot-otot ini meregang dan terasa seperti tempat tidur gantung pada tulang daerah kewanitaan Bunda. Otot-otot pinggul Bunda yang biasanya menopang daerah rahim, kandung kemih dan usus kini mengalami pengendoran yang cukup signifikan.

Nah, pada saat hamil, pinggul dasar akan menjadi penopang yang kemudian meregang karena perlu menopang beban yang cukup berat. Saat proses melahirkan berlangsung, si kecil akan keluar melalui jalur pinggul dasar tersebut dan meninggalkan bekas memar dan rasa nyeri.

Mengapa olahraga pinggul dasar itu penting?

Dalam sehari, Bunda pasti mengalami kesulitan menahan rasa ingin buang air kecil. Beberapa Bunda ada yang “bocor” mendadak saat mereka bersin, batuk atau bahkan melakukan olahraga ringan. Untungnya, kini Bunda bisa memperkuat otot pinggul dasar Bunda dengan olahraga sederhana yang dapat Bunda lakukan dimana saja.

Bagaimana cara melakukan olahraga pinggul dasar?

Bunda dapat melakukan olahraga pinggul dasar dimanapun. Namun untuk mulai melakukannya, yuk lakukan di rumah terlebih dahulu agar Bunda dapat berkonsentrasi penuh melakukan setiap gerakan dengan pose dan posisi yang benar. Melahirkan berefek besar pada perubahan bentuk pinggul Bunda yang membuat Bunda agak kesulitan melakukan olahraga ini untuk pertama kalinya. Segera setelah Bunda melahirkan dan mulai merasakan nyeri, cobalah untuk mulai mencoba olahraga pinggul dengan menempelkan punggung Bunda di tembok. Bunda juga dapat melakukan gerakan ini ketika Bunda sedang mandi. Yuk, lihat tahap-tahap olahraga pinggul dasar berikut ini:

  • Pertama, bersenderlah dengan nyaman di pinggiran meja atau duduklah di atas kursi.
  • Lalu, lakukan gerakan menahan seperti sedang menghentikan aliran air kemih Bunda ketika sedang buang air kecil. Pada saat yang bersamaan, kencangkan otot areal kewanitaan dan saluran pembuangan Bunda seperti hendak menahan ‘angin’.
  • Jangan mengencangkan pantat Bunda atau menahan nafas pada waktu bersamaan ya.
  • Setelah itu, tahan posisi tersebut selama beberapa detik, lalu relaksasikan tubuh Bunda kembali.
  • Lakukan hal ini 10-15 kali, atau sebanyak yang Bunda inginkan.
  • Ketika Bunda merasakan otot pinggul Bunda mulai menguat, Bunda dapat mencoba untuk menahan gerakan ini 4-5 detik lebih lama.

Seberapa sering Bunda melakukan olahraga pinggul dasar ini?

Biasakan melakukan olahraga pinggul dasar 3 kali sehari ya, Bunda. Untuk membantu Bunda mengingat jadwal olahraga ini, Bunda bisa melakukannya 15-30 menit setelah makan. Jangan forsir diri Bunda pada olahraga pinggul dasar yang pertama ya, terlebih lagi bila Bunda masih merasa lelah setelah melahirkan. Dengarkan apa yang tubuh Bunda sedang rasakan dan berhentilah bila Bunda sudah merasa tidak nyaman atau lelah.

Setelah beberapa minggu, Bunda tentu sudah dapat merasakan manfaat dari olahraga ini, yaitu lebih mudah mengontrol rasa ingin buang air dan otot pinggul Bunda kini mulai mengencang, terutama di daerah pinggul bawah Bunda.

Seputar Paska Melahirkan

Melakukan olahraga pinggul dasar adalah sebuah kebiasaan yang baik, Bunda, tidak peduli sedang hamil atau tidak, olahraga ini berfungsi sebagai penangkal stres yang tidak dapat terkontrol juga lho! Yuk, Bun, rutin olahraga pinggul mulai sekarang.

Related Posts

Subscribe

If you enjoyed this article, subscribe now to receive more just like it.

Subscribe via RSS Feed

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Top