Ciri-ciri Anak Terkena Alergi (Deteksi Dini Alergi)

Oleh dr Martha Nurul Putri SpKK (dermatologist)

Bunda, kulit manusia tidak bebas hama (steril). Kulit steril hanya didapatkan pada waktu yg sangat singkat setelah lahir. Sifat respons inflamasi kulit terhadap bakteri tertentu, disamping bergantung pada banyaknya bakteri yang masuk ke dalam kulit juga bergantung pada cara bakteri tersebut mencapai daerah yang bersangkutan.

Alergi termasuk gangguan yang menjadi permasalahan kesehatan penting pada usia anak. Gangguan ini ternyata dapat menyerang semua organ tanpa terkecuali. Mulai dari ujung rambut sampai ujung kaki dengan berbagai bahaya dan komplikasi yang mungkin bisa terjadi. Anak lebih mudah terkena alergi jika mempunyai riwayat kepeka'an dalam keluarganya. Misalnya: asma bronkial, rinitis alergik, dermatitis atopi dan konjungtivitis alergik.

Pada anak kecil, makanan dapat berperan dalam terjadinya alergi. Makanan yg paling sering ialah telur, susu, gandum, kedelai dan kacang tanah. Reaksi yg mungkin terjadi pada penderita adalah kemerahan pada kulit, bentol- bentol ataupun bengkak yang bisa disertai rasa gatal ataupun tidak. Pada penderita alergi kulit umumnya lebih kering. Alergi sering muncul pd anak usia 2 bulan sampai 2 tahun yg dapat pula berlanjut hingga dewasa. Pada anak usia diatas 2 bulan biasanya alergi ditandai dengan munculnya kemerahan di area dahi dan pipi, yg dapat meluas ke tempat lain yaitu kulit kepala, leher, pergelangan tangan, lengan dan tungkai. Rasa gatal yg timbul sgt mengganggu. Sehingga anak gelisah, susah tidur dan sering menangis.

Deteksi dan pencegahan alergi sejak bayi penting karena apat mencegah atau menghilangkan perjalanan alamiah alergi jangka panjang. Meskipun belum ditemukan cara super akurat untuk mengetahui penyebab alergi,  Anda bisa menghindari alergi dengan cara mencatat gejala yang muncul dan waktunya. Makanan yang berpotensi memunculkan alergi ataupun mungkin terpaparnya dgn debu dan bulu2 binatang ataupun bahan pakaian tertentu.

 

Related Posts

Subscribe

If you enjoyed this article, subscribe now to receive more just like it.

Subscribe via RSS Feed

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 Comment

Trackback URL Comments RSS Feed

  1. Jeffry says:

    ada lomba foto bayi?

Top