Problem Kulit: Pre dan Saat Kehamilan

Masalah yang paling sering mengganggu di saat kehamilan biasanya adalah munculnya stretchmarks. Strechmarks adalah peregangan jaringan kulit melebihi batas elastisitasnya terutama bagian perut, paha, panggul dan payudara seiring dengan pertumbuhan janin, usia kehamilan dan pertumbuhan berat badan. Terkadang hal ini sangat mengganggu, selain karena bekasnya juga karena menimbulkan rasa gatal.

Stretchmarks ditandai dengan adanya guratan atau garis kemerahan pada permukaan kulit akibat dari peregangan kulit sehingga kulit kehilangan elastisitasnya. Lama kelamaan warna tersebut akan berubah menjadi garis-garis putih. Walaupun begitu munculnya strechmarks yang mengganggu dapat dicegah dari awal, misalnya dengan mengoleskan minyak zaitun atau olive oil, minyak cendana yang dapat dioleskan pagi dan sore hari.

Kandungan pada minyak zaitun terdapat antioksidan yang aktif dalam mencegah kerusakan kolagen. Sehingga kulit jadi lebih lentur dalam menyesuaikan kondisi peregangan kulit akibat kehamilan. Namun demikian akan lebih baik ditambahkan krim yang bernutrisi yang memiliki kandungan vitamin A, vitamin E dan vitamin C dalam mendukung masalah stretchmarks. Jangan lupa untuk melakukan perawatan dan penanganan stretch marks pada pasca melahirkan sedini mungkin (diusahakan sebelum 6 minggu setelah melahirkan atau sebelum bayi berusia 40hari sudah melakukan perawatan dan penanganan strecthmarks), dengan krim yang mengandung tretinoin atau kombinasi dengan glicolic acid 10-20%, dimana memiliki keampuhan yang cukup untuk mengurangi stretchmark, karena dapat menembus lapisan luar kulit dan memperbaiki sel-sel kulitdan kolagen, hanya tretinoin tidak dapat digunakan untuk Ibu yang sedang mengandung.

Saat ini banyak produk krim yang dapat digunakan pada wanita hamil untuk mencegah terjadinya stretchmark yaitu yang mengandung vitamin A, vitamin E dan vitamin C yang menjaga elastisitas kulit. Bisa juga dengan olahraga teratur saat hamil dan pola makan seimbang dengan nutrisi yang baik.

Bunda memiliki pengalaman mengenai stretchmarks? Yuk share di kolom komentar dibawah ini ­čÖé

Related Posts

Subscribe

If you enjoyed this article, subscribe now to receive more just like it.

Subscribe via RSS Feed

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Top