Kiat Memilih Tempat Bersalin

Setujukah Bunda, bahwa sebagai orangtua, memberikan yang terbaik untuk anak adalah kewajiban? Begitu pula saat memilih tempat bersalin. Tentunya untuk memilih tempat melahirkan yang baik Bunda harus berdiskusi dengan Ayah. Yang pasti, Bunda harus memilih tempat bersalin yang punya fasilitas yang lengkap dan tenaga medis yang andal. Apalagi yang harus Bunda pertimbangkan? Berikut hal-hal yang dapat Bunda pertimbangkan dalam memilih tempat bersalin:

  1. Biaya Melahirkan
    Bila biaya persalinan ditanggung sendiri, cek lebih dulu budget yang Bunda miliki. Pilihlah tempat bersalin yang sesuai dengan kondisi keuangan Bunda. Perlu diperhatikan, setelah bayi lahir akan ada pengeluaran lain yang jumlahnya tidak kecil. Komponen biaya melahirkan biasanya meliputi; biaya operasional melahirkan, biaya kamar (fasilitas rawat inap tergantung kelas), dan kemungkinan tindakan pembedahan (operasi Caesar). Hampir setiap rumah sakit saat ini akan menawarkan paket-paket persalinan. Jadi Bunda tinggal memilih yang sesuai dengan kebutuhan.
  2. Jarak Tempat Bersalin
    Usahakan jarak tempat melahirkan dengan tempat tinggal tidak terlalu jauh. Jika dokter menyatakan si ibu dan bayi dalam kondisi baik dan sehat Bunda boleh memilih tempat bersalin yang agak jauh. Namun jika ada komplikasi kehamilan lebih baik pilih tempat persalinan di dekat rumah supaya segera mendapat penanganan yang cepat. Perhitungkan juga perkiraan lama perjalanan dari rumah ke tempat bersalin di saat jam sibuk, ini untuk mengantisipasi kondisi melahirkan darurat.
  3. Fasilitas Tempat Bersalin
    Jika melahirkan di klinik atau rumah bersalin pilihlah yang memiliki fasilitas rujukan ke rumah sakit yang lebih besar dan memiliki mobil ambulan. Jika melahirkan di rumah sakit Bunda harus tahu tentang kompetensi tenaga ahli yang ada di rumah sakit itu.
  4. Kebersihan dan Suasana Tempat Bersalin
    Perhatikan kebersihan dan suasana rumah bersalin. Persalinan harus dilakukan di tempat yang steril dan nyaman. Ibu yang baru saja melahirkan perlu waktu untuk istirahat sehingga membutuhkan waktu yang tenang.
  5. Mendukung IMD
    Sebaiknya Bunda memilih tempat bersalin dengan fasilitas rooming in, fasilitas dimana bayi ditempatkan di kamar yang sama dengan orangtuanya setelah proses persalinan. Manfaatnya, bayi akan terjamin untuk mendapatkan ASI dan dapat menyusu kapan pun. Rooming in juga memudahkan Bunda mengenali kebiasaan si kecil dan menunjang keberhasilan ASI Eksklusif.

Bunda punya pengalaman pada saat melahirkan? Share dengan Bunda lainnya di kolom komentar dibawah ini, yuk 🙂

sumber : Parents Indonesia / Google Image

Related Posts

Subscribe

If you enjoyed this article, subscribe now to receive more just like it.

Subscribe via RSS Feed

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

2 Comments

Trackback URL Comments RSS Feed

  1. tika setiawan says:

    Saya melahirkan di (rumah bersalin) bidan desa terdekat , selain biyayanya murah fasilitas memadai dan jarak dari rumah tidak terlalu jauh, masih bisa di tempuh dengan jalan kaki. Terimakasih 🙂

    • Cussons Baby says:

      Senang sekali bisa melahirkan di dekat rumah ya, Bunda.
      Terimakasih sudah ikut sharing di sini. 🙂

Top