Tips Pemberian Makanan Pendamping ASI

Hai Bunda, memberikan makanan pendamping ASI (MPASI) kepada bayi tidak bisa sembarangan, lho. Ada beberapa tips yang harus Bunda ketahui sebelumnya. Berikut ini tipsnya:

  1. Pencernaan bayi umur 6 bulan masih dalam masa transisi. Karena itu selalu perkenalkan bahan makanan satu per satu. Pemberian 2 jenis makanan sekaligus akan menyulitkan Bunda mengetahui mana bahan makanan yang menimbulkan alergi. Berikan makanan satu dengan yang lainnya dengan jarak waktu pemberian 3-4 hari. Hal ini untuk menjaga agar bahan makanan yang tidak dapat diterima oleh bayi dapat segera diidentifikasi.
  2. Berikan makanan bayi dengan beberapa tahapan tekstur dan konsistensi yang berbeda untuk merangsang kemampuannya mencerna dan bayi Bunda pun tidak merasa bosan.
  3. Berikan sendok makan saat memberinya makanan. Biarkan bila bayi Bunda mencoba ikut mengambil makanan dari piring. Selain, akan mempercepat proses makan, cara ini akan menambah rasa percaya dirinya.
  4. Biasakan memberikan makanan di meja makan yang akan mempermudah Bunda mengajarinya makan di meja makan.
  5. Bila makanan terbuat dari lebih dari 2 bahan makanan, letakkan makanan dalam tempat makan bayi yang memiliki sekat-sekat. Biarkan anak Bunda mengeksplorasi rasa ingin tahunya.
  6. Waspada bila anak Bunda tersedak makanan. Hindari makanan dengan permukaan yang licin dan bentuk utuh, seperti kacang, dan anggur.
  7. Pemberian makanan pendamping dimulai dengan makanan yang memiliki faktor pemicu alergi yang rendah (kadar protein rendah), yaitu kelompok serealia (beras merah atau putih, havermouth). Campur bahan makanan ini dengan air, ASI, air buah atau jus buah tanpa gula, seperti air jeruk peras, dan susu formula hingga menjadi sedikit cair. Jangan memulainya dengan kelompok buah karena buah memiliki rasa manis (bayi Bunda akan menolak makanan dari karbohidrat dan sayuran karena kedua bahan makanan ini tidak manis).
  8. Sebisa mungkin gunakan makanan pendamping dalam bentuk kemasan hanya saat dalam perjalanan. Buat makanan alami saat di rumah.

Bunda ada tips lain utk memberikan MPASI? Share dikolom komentar dibawah ini, yuk!

Sumber : Parents Indonesia

Related Posts

Subscribe

If you enjoyed this article, subscribe now to receive more just like it.

Subscribe via RSS Feed

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Top