Bayi Mandiri Cenderung Periang

Hai Bunda, pernahkah mendengar istilah 'bayi mandiri'? Atau si Kecil sendiri adalah salah satunya? Nah, ciri-ciri bayi mandiri belum didefinisikan secara jelas. Hanya saja, yang penting diperhatikan, kemandirian adalah sebuah bentuk tempaan dan latihan, tidak akan terwujud dalam sendirinya. Peran orangtua sangat penting dalam mewujudkan bayi mandiri. Latihan kemandirian tidak berarti menyetop kucuran kasih sayang dari orangtua. Ingat, pemberian kasih sayang tidak akan membuat bayi manja, sekaligus menghambat kemandiriannya

Yang diperlukan adalah memberi kesempatan kepada bayi untuk menggunakan keterampilannya sesuai dengan kemampuan, misal, belajar merangkak, belajar berdiri, dan lain-lain.

Bila latihan atau sitmulasi itu berlangsung sukses, orangtua sendiri yang akan mendapatkan manfaatnya, yaitu si Kecil kesayangan Ayah dan Bunda akan memiliki ciri-ciri bayi mandiri. Apa sajakah ciri-ciri bayi mandiri? Yuk cek apakah si Kecil Bunda adalah salah satunya:

  1. Perilaku si Kecil yang secara reflek dan spontan mampu memberikan respon yang positif tanpa paksaan.
  2. Si Kecil merasa riang dan terbiasa apabila diberikan stimulus yang sudah kita latih dan ajarkan. Ini ciri bayi mandiri yang tampak.
  3. Si Kecil tidak akan merasa canggung lagi dalam menerima dan belajar sesuatu yang baru sesuai dengan tahapan perkembangan dan tingkatan usia mereka.
  4. Si Kecil merasa aman, nyaman dan tenang dengan dirinya, walau berada di berbagai lingkungan, situasi, dan kejadian yang dihadapi.

Itulah sedikit dari ciri-ciri bayi mandiri. Nah, apakah si Kecil salah satunya? Share di kolom komentar yuk, Bun!

sumber : Nakita

Related Posts

Subscribe

If you enjoyed this article, subscribe now to receive more just like it.

Subscribe via RSS Feed

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Top