Nutrisi Persiapan Kehamilan

Nutrisi makanan yang baik dalam mempersiapkan kehamilan 

Kehamilan adalah suatu masa yang sangat dinantikan oleh seorang perempuan.

Perlu persiapan yang matang sejak jauh-jauh hari, agar proses kehamilan ini berjalan dengan lancar dan berakhir dengan persalinan normal disusul hadirnya seorang buah hati yang sehat dan yang Anda nanti-nantikan.

Dua hal yang sangat perlu Anda perhatikan sebelum merencanakan kehamilan adalah faktor nutrisi dan kebugaran.

Banyak orang menganggap bahwa pemenuhan nutrisi yang baik diawali sejak perempuan diketahui dalam kondisi hamil. Padahal, pemahaman tersebut keliru dan harus diubah. Pemenuhan nutrisi sebaiknya dipersiapkan oleh seorang perempuan sebelum memasuki masa kehamilan.

1. Cara makan yang sehat. 

berapa kira-kira nutrisi yang harus saya konsumsi? dan apakah suplemen dibutuhkan juga?

Solusi :  Begitu anda mempersiapkan diri untuk hamil, maka sedapat mungkin, mulailah untuk makan yang lebih sehat dan dengan diet makanan yang seimbang. Untuk persiapan kehamilan, 3-4 bulan sebelum konsepsi (pembuahan terjadi) adalah saat yang baik untuk memulai makan dengan cara yang sehat

2. “ Makanan apa saja yang dibutuhkan / dimakan setiap hari untuk mempersiapkan kehmilan?”.

Solusi : Tidak ada makanan khusus ibu...yg pasti makanan seimbang karena dpt memberikan gizi yg baik bagi calon bayi kita

Di anjurkan untuk mengkonsumsi asupan zat gizi yg 3B (bergizi,beraneka ragam dan seimbang) hindari konsumsi alkohol dan rokok

3. Stop minuman atau makanan yang mengandung kafein. 

“Saya senang minum kopi nih dok setiap sore, kira-kira bolekah kalau tetap minum kopi?” .

Solusi :  Penelitian menyatakan bahwa mengkonsumsi kafein akan menurunkan kemungkinan dari seorang wanita untuk dapat hamil. Dan juga kafein meningkatkan kemungkinan terjadinya keguguran walaupun penelitian secara lanjut belum dipastikan, tetapi sangat beralasan untuk anda menghentikan atau menguranginya.

Kafein dapat didapatkan pada kopi, teh, coklat, dan juga beberapa obat flu atau sakit kepala, jadi sebaiknya baca label sebelum menggunakanny

4. Cukupi zat seng. 

“ saya mau tanya. saya sedang program hamil bersama suami. Kira-kira makanan apa aja yang baik untuk di makan? katanya kalo taoge itu bisa mendukung juga? “

Solusi :  Bagi calon Bunda, seng membantu produksi materi generatik ketika pembuahan terjadi. Bagi calon ayah, melancarkan pembentukan sperma, makanlah kerang, daging telur, biji-bijian dan kacang-kacangan.

Bagi calon Bunda, seng membantu produksi materi generatik ketika pembuahan terjadi. Bagi calon ayah, melancarkan pembentukan sperma, makanlah kerang, daging telur, biji-bijian dan kacang-kacangan.

5. Vitamin A dan E. 

Kurang mengkonsumsi vitamin A dan E dapat membuat pembentukan sperma ayah terhambat. Oleh karena itu di anjukan  untuk mengkonsumsi  hati, sayuran, buah warna merah (vitamin A), tauge (vitamin E).

6. Kualitas Karbohidrat, bukan Kuantitas

“ temen saya ngidam es jeruk, sekarang lagi hamil nih. kalau minum es jeruk terus2an ngaruh ke janin? “ .

Solusinya : Pilihan jenis karbohidrat paling baik adalah karbohidrat kompleks. Karena lebih banyak mengandung serat dan tidak menaikkan gula darah atau insulin dengan cepat pula.

Wanita yang mengkonsumsi karbohidrat sederhana seperti roti putih, gula pasir berlebih (termasuk dalam minumankemasan), 80 % nya memiliki masalah infertilitas. Jadi, bukan kuantitas, melainkan kualitas karbohudrat.

7. Konsumsi Sayur dan Buah lebih banyak

“ kakakku lg hamil tapi memang dari kecil tidak suka makan buah. Nutrisi apa yang bisa menggantikannya ?”.

Solusi :   Sayur dan buah merupakan sumber antioksidan yang paling baik. Salah satu jenis antioksidan yang mempengaruhi kesuburan adalah lipoic acid. Zat ini banyak ditemukan di bayam, brokoli dan kentang. Zat ini terbukti melindungi organ wanita, bahkan bisa meningkatkan kualitas sperma dan pergerakan sprema.

 

Related Posts

Tags:

Subscribe

If you enjoyed this article, subscribe now to receive more just like it.

Subscribe via RSS Feed

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Top