Hal-Hal Penting yang Perlu Diketahui Saat Hamil

dr. Achmad Mediana, SpOG  (obstetricians & gynecologist) Pendahuluan Seperti kita ketahui kehamilan adalah peristiwa yang sangat dinantikan oleh pasangan yang ingin memiliki keturunan. Kehamilan adalah peristiwa normal akibat dari pertemuan sel telur dan sel sperma. Sehingga semua keluhan yang muncul karena proses kehamilan adalah hal yang normal. Permasalahan akan muncul bila seorang wanita tidak mengerti tentang proses kehamilan, apa yang terjadi pada tubuhnya dan bagaimana perkembangan janinnya. Pertanyaan yang paling mendasar adalah:

  1. Apakah ingin hamil?
  2. Apakah siap untuk hamil?

Persiapan Hamil. Persiapan untuk hamil harus dimulai sedini mungkin. Sejak remaja sudah diperkenalkan tentang organ reproduksi dan bagaimana menjaganya. Sebelum memutuskan untuk menikah, maka sangat dianjurkan untuk melakukan konseling pranikah dan selanjutnya konseling prahamil bila sudah menikah. Konseling Pranikah. Pernikahan tidak hanya mempertemukan pria dan wanita dari latar belakang yang berbeda secara kultur, namun juga secara biologist. Konseling pranikah akan meliputi:

  1. Pengkajian asal usul yang menyangkut permasalahan genetik (hal ini sering dikenal dengan istilah bobot, bibit, dan bebet).
  2. Pemeriksaan fisik.
  3. Pemeriksaan USG.
  4. Pemeriksaan laboratorium.
  5. Pengkajian psikologis.

Konseling Prahamil.

  1. Persiapan gizi sehat.
  2. Pengaturan aktivitas yang seimbang antara kerja dan istirahat.
  3. Olahraga yang teratur.
  4. Berdoa.

Setelah siap secara jasmani dan rohani maka pasangan ini dinyatakan siap untuk hamil. Selanjutnya pemantauan kehamilan secara teratur menjadi hal yang sangat penting. Perubahan pada ibu dan janinnya akan terjadi secara bertahap sehingga penyesuaian aktivitas ibunya sangat penting. Keadaan lingkungan, terutama Jakarta yang kurang baik, juga sangat perlu di waspadai. Dan akhirnya, bila kita sudah mengerti tentang kehamilan, maka diharapkan pasangan ini dapat menjalankan proses hamilnya dengan menyenangkan, lahir dengan aman dan sehat, serta tumbuh kembang bayinya dengan sehat pula. Tujuan untuk melahirkan anak Indonesia yang sehat dan berakhlak mulia akan sangat mungkin dicapai.

Related Posts

Tags:

Subscribe

If you enjoyed this article, subscribe now to receive more just like it.

Subscribe via RSS Feed

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Top