Penyebab Bruntusan Di Kepala Bayi Baru Lahir

Bruntusan di kepala bayi baru lahir seringkali membuat bunda menjadi cemas karena selain bayi menjadi gelisah karena merasa kurang nyaman, dikhawatirkan juga bruntusan tersebut akan mempengaruhi pertumbuhan rambut bayi.

Sebenarnya apa penyebab bruntusan di kepala bayi baru lahir, dan bagaimana cara mengatasinya?

 

Penyebab bruntusan di kepala bayi baru lahir

Bruntusan di kepala bayi baru lahir dapat disebabkan oleh beberapa hal berikut ini:

1. Perubahan hormon

Perubahan hormon terjadi karena saat bayi berada dalam kandungan, bayi dipengaruhi oleh kadar hormon ibu. Saat bayi sudah lahir, pengaruh hormon ibu berkurang dan tidak ada lagi untuk kemudin digantikan oleh hormon bayi sendiri.

Bruntusan akibat perubahan hormone ini disebut juga Milia neonatal dan didapatkan pada 50% bayi baru lahir. Milia neonatal didapatkan juga di sekitar hidung dan pipi bayi selain di kulit kepala.

2. Dermatitis atopik atau alergi

Yang mempengaruhi dermatitis atopik dan alergi pada bayi adalah makanan yang dikonsumsi ibu dan keluar melalui ASI. Atau bisa juga bayi tidak cocok dengan susu yang diminum apabila bayi mengkonsumsi susu formula.

Dermatitis atopik atau alergi ditandai dengan bruntusan yang gatal dan kemerahan. Sehingga bayi tampak tidak nyaman dan berusaha menggaruk kepalanya.

3. Biang keringat

Biang keringat atau disebut juga Miliaria rubra sendiri merupakan penyumbatan kelenjar keringat akibat bayi berada dalam iklim panas dan lembab, dan saluran keluar kelenjar keringat tertutup.

Bisa karena bayi terlalu sering dipakaikan topi, atau udara yang terlalu lembab di sekitar bayi. Biang keringat ditandai dengan bruntusan kemerahan yang tidak gatal.

4. Pemakaian produk perawatan bayi yang bersifat menutup kelenjar keringat bayi

Kelenjar keringat bayi baru lahir masih belum berkembang sempurna sehingga pemakaian produk yang bersifat menyumbat kelenjar keringat bayi akan menyebabkan bruntusan di kepala bayi baru lahir

Baca juga : Apa Itu Lanugo Pada Bayi Baru Lahir?

Bagaimana mengatasi bruntusan di kepala bayi baru lahir?

Cara mengatasi bruntusan di kepala bayi baru lahir antara lain:

  1. Hindari memakaikan topi dalam jangka waktu lama kepada bayi, terutama apabila cuaca sedang panas dan kelembaban tinggi
  1. Amati makanan yang dikonsumsi bunda apabila bayi masih minum ASI. Apabila bayi sudah mpasi, amati apakah ada makanan tertentu yang memicu timbulnya bruntusan di kepala bayi baru lahir. Makanan makanan seperti telur, ikan, makanan laut atau bumbu penyedap merupakan penyebab terbanyak. Gunakan prinsip 3 hari pemberian makanan yang sama untuk melihat respon bayi terhadap makanan. Atau bunda dapat menggunakan prinsip eliminasi, yaitu menghilangkan satu jenis makanan yang dicurigai sebagai penyebab selama seminggu sambal mengamati apakah bruntusan di kepala bayi baru lahir mambaik atau tidak.
  1. Jangan mengoleskan produk perawatan yang tidak hypoallergenic di kulit kepala bayi. Produk hypoallergenic artinya produk tersebut sudah teruji klinik tidak menyebabkan iritasi ataupun alergi pada kulit kepala bayi baru lahir
  1. Hindari mengoleskan lotion atau minyak yang terlalu kental seperti minyak kelapa murni di kulit kepala bayi. Penggunaan produk yang terlalu kental berpotensi menimbulkan penyumbatan di kulit kepala bayi.
  1. Jangan menggunakan handuk untuk menggosok kulit kepala bayi dengan harapan dapat mengurangi bruntusan di kepala bayi baru lahir, sekalipun handuk dirasa lembut. Gesekan handuk pada kulit kepala bayi dapat mengakibatkan bruntusan menjadi iritasi dan terasa perih. Cukup tepuk tepuk lembut rambut dan kulit kepala bayi dengan menggunakan handuk untuk mengeringkannya.
  1. Hindari menyisir rambut bayi dengan sisir berbahan plastic. Gunakan sisir berbentuk sikat atau berujung karet yang lembut sehingga tidak menyebabkan bruntusan terkelupas
  1. Jaga kebersihan kulit kepala bayi. Keramas rambut bayi dengan shampoo bayi dengan bahan alami dan hypoallergenic secara rutin sesuai usia bayi dan menggunakan air hangat. Keringkan rambut dan kulit kepala bayi dengan lembut menggunakan handuk.
  1. Tempatkan bayi di ruangan bersuhu sejuk untuk menghindari bayi berkeringat terlalu banyak yang akan memicu timbulnya bruntusan di kepala bayi baru lahir

Baca juga : Cara Menghilangkan Ketombe Pada Bayi Baru Lahir

Kapan harus ke dokter?

Pada dasarnya, bruntusan di kepala bayi baru lahir akan sembuh dengan perawatan di rumah. Namun bunda dapat membawa bayi bunda ke dokter untuk diperiksa apabila terdapat tanda tanda berikut ini:

  1. Bruntusan di kepala bayi baru lahir  tidak kunjung sembuh walau bunda telah mencoba car acara tersebut diatas dalam waktu seminggu atau lebih
  2. Terdapat tanda tanda infeksi pada area bruntusan di kepala bayi baru lahir seperti; tampak nanah, area bengkak kemerahan, atau bayi tampak gelisah atau demam
  3. Bruntusan di kepala bayi baru lahir tampak meluas hingga leher, wajah, dan punggung serta tangan bayi
  4. Bruntusan di kepala bayi baru lahir disertai dengan gejala lain seperti adanya area kebotakan meluas, rambut bayi mudah rontok dan rapuh, serta adanya kerak kekuningan yang menebal pada kulit kepala bayi

Bruntusan di kepala bayi baru lahir

Miliaria rubra pada kepala bayi 

Bruntusan di kepala bayi baru lahir yang tidak diatasi dapat menyebabkan bayi menjadi tidak nyaman dan gelisah. Oleh sebab itu sebaiknya bunda dapat memperhatikan tips tips dari kami di atas untuk dapat membantu mengatasi bruntusan di kepala bayi baru lahir.

Baca juga : Apa itu Tinea Capitis dan Bagaimana Cara Mengatasinya?

Tidak perlu cemas berlebihan dan tetap lakukan perawatan sehari hari sesuai anjuran sambal memperhatikan apakah ada perbaikan pada bruntusan. Apabila tidak kunjung membaik, maka bunda dapat menghubungi dokter untuk mendapatkan pemeriksaan dan pengobatan terhadap bruntusan di kepala bayi baru lahir.

 

ditulis oleh: dr. Cindy Paulina, Dipl CIBTAC, Dipl CIDESCO

 

 

x

Dapatkan Produk Kami di Sini:

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Artikels

Ayo, Jadilah Bagian dari Sahabat Bunda Cussons!