Menggunakan Bahan Alami Untuk Rambut Rontok Pada Anak

Bahan Alami Untuk Rambut Rontok – Panik enggak sih Bun, kalau rambut Si Kecil rontok? Bunda pastinya khawatir banget ya, ketika rambut anak mengalami kerontokan. Apalagi jika usia si anak masih bayi. Lalu, bagaimana mengatasinya?

Tentunya, Bunda harus menggunakan bahan alami untuk rambut rontok pada anak agar lebih aman. Simak informasi selengkapnya berikut ini yuk, Bun!

Bunda, jangan panik dulu ya, kalau rambut Si Kecil rontok. Karena, kerontokan rambut bisa terjadi pada siapa saja di segala usia, termasuk pada anak-anak yang berusia masih bayi.

Menurut American Academy of Pediatrics (AAP), kebanyakan bayi yang mengalami kerontokan rambut sebagian, atau bahkan semua rambut, terjadi dalam beberapa bulan awal kehidupannya.

 

Rambut Rontok pada Bayi Adalah Hal Normal

Sementara itu, salah satu ahli dari Oregon Health and Science University mengatakan bahwa umumnya kerontokan rambut pada bayi bisa terjadi pada 6 bulan pertama kehidupannya.

Pada beberapa bayi, rambut yang tumbuh terjadi bersamaan ketika rambutnya rontok sehingga bisa saja Bunda tak menyadari perbedaan pada rambut Si Kecil.

Namun ada pula beberapa bayi yang mengalami kerontokan rambut dengan cepat sehingga membuat kepala Si Kecil tampak botak.

Meski demikian, hal tersebut adalah hal yang normal dan sifatnya hanya sementara. Kerontokan pada bayi ini juga merupakan bagian dari perkembangan awal dalam kehidupan Si Kecil dan tanda ia sedang beradaptasi.

Tanda-tanda rambut Si Kecil rontok secara alami adalah:

  • ketika Bunda membelai kepala Si Kecil, beberapa helai rambutnya akan lepas atau rontok,
  • rambut Si Kecil menempel di handuk atau bak mandi setelah mencuci rambut Si Kecil,
  • rambut Si Kecil rontok di sekitar tempat kepalanya bersandar, seperti tempat tidur bayi atau kereta dorong.

 

Penyebab Rambut Rontok

Bunda, rambut rontok yang terjadi pada bayi disebabkan beberapa hal. Di antaranya, adanya gesekan yang terjadi secara terus-menerus karena kecenderungan ia tidur dalam posisi terlentang sehingga di beberapa bagian kepalanya akan tampak botak.

Bisa juga karena adanya fase pertumbuhan dan fase istirahat yang disebut dengan telogen effluvium. Ketika bayi lahir, beberapa folikel rambut berada dalam fase istirahat (fase telogen) dan folikel lainnya berada dalam fase pertumbuhan (fase anagen).

Tetapi ada faktor-faktor tertentu yang dapat mempercepat fase telogen yang menjadi penyebab rambut rontok, yaitu hormon. Tingkat hormon bayi yang baru lahir akan menurun sehingga menyebabkan rambut Si Kecil mengalami kerontokan.

Meski begitu, seiring waktu rambut Si Kecil pun akan memasuki masa pertumbuhan lagi. Kemudian, rambut anak akan tumbuh lebat setelah ia berusia 2 tahun.

rambut juga bisa terjadi pada bayi
Ketika rambut Si Kecil rontok dan menempel di handuk, hal itu masih dikatakan normal, Bunda. (Foto: Unsplash/Jonathan Borba)

 

Tetap Waspada

Pada umumnya, kerontokan rambut pada bayi tidak menimbulkan bahaya. Meski begitu, Bunda harus tetap waspada. Normalnya seseorang akan mengalami kerontokan sebanyak 100 helai setiap harinya.

Namun apabila rambut Si Kecil mengalami kerontokan yang tidak biasa, kemudian disertai dengan kondisi yang berbeda di kepalanya, seperti munculnya bercak, ruam, kulit kepala bersisik yang berlebihan, atau karena kondisi medis, Bunda bisa konsultasikan kepada dokter untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.

Baca juga : Manfaat Hair Oil, Shampoo, dan Hair Lotion Serta Cara Penggunaannya

Bahan Alami Untuk Rambut Rontok pada Anak

Karena terjadinya rambut rontok pada anak sangatlah normal, Bunda bisa melakukan perawatan rambut untuk Si Kecil. Gunanya, untuk menyehatkan kulit kepala dan memperkuat akar rambut sehingga mengurangi kerontokan rambut Si Kecil.

Bunda bisa menggunakan bahan alami untuk rambut rontok pada anak agar lebih aman. Bahan-bahan alami ini juga mengandung nutrisi alami untuk merawat rambut Si Kecil. Nah, berikut cara menggunakan bahan alami untuk rambut rontok pada anak.

1. Lidah Buaya

Tumbuhan yang memiliki nama lain aloe vera ini sudah dikenal lama karena kegunaannya untuk perawatan rambut. Kandungan di dalamnya, seperti enzim, vitamin A, D, zat besi, protein, serta sifat antimikroba dan antiradangnya, akan membantu mengatasi rambut rontok pada anak.

Lidah buaya juga menyejukkan kulit kepala, melawan bakteri, dan membuka folikel rambut yang tersumbat karena minyak yang berlebihan atau sel-sel mati.

Rambut pun tumbuh dengan sehat, kuat, dan tidak mudah patah. Oleskan lidah buaya secara teratur, kira-kira tiga kali seminggu, ke kepala Si Kecil.

2. Minyak Kelapa

Sebagai bahan alami, minyak kelapa juga dapat digunakan untuk rambut rontok pada anak. Kandungan vitamin E dan K, serta protein di dalam minyak kelapa dapat membantu memperkuat akar rambut dan mempercepat pertumbuhan rambut.

Sementara kandungan asam laurat di dalam minyak kelapa yang tinggi juga membantu membawa nutrisi menembus ke dalam batang rambut dan mengurangi kehilangan protein pada rambut.

Baca juga : Cara Memilih Minyak Rambut Bayi Yang Bagus

Cara penggunaannya juga sangat mudah. Tuang beberapa tetes minyak kelapa di tangan Bunda, lalu usapkan minyak kelapa tersebut di kulit kepala dan rambut Si Kecil sambil dipijat-pijat perlahan. Diamkan beberapa saat, kemudian cuci rambut Si Kecil hingga bersih.

Minyak kelapa alami dapat menutrisi dan meningkatkan pertumbuhan rambut Si Kecil
Minyak kelapa sebagai salah satu bahan alami yang bisa digunakan untuk rambut rontok pada anak. (Foto: Pexels/Tijana Drndarski)

3. Telur

Telur merupakan bahan alami yang mudah dicari di dapur. Nah, telur ini juga dapat digunakan untuk rambut rontok pada anak, Bun.

Sebabnya, telur mengandung sullfur, selenium, zinc, fosfor, iodin, dan protein yang sangat baik untuk mengendalikan rambut rontok pada anak dan mendorong pertumbuhan rambutnya.

4. Bawang Merah

Tahukah Bun, bawang merah ternyata bahan alami yang dapat digunakan untuk mengendalikan rambut rontok pada anak. Bawang yang diperkaya dengan kandungan sulfur dan senyawa fenolik dapat membantu menstimulasi pertumbuhan rambut Si Kecil.

Perawatan rutin dengan bawang, efektif memperkuat rambut sehingga kerontokan rambut pun berkurang. Caranya mudah, Bun. Hancurkan bawang merah, lalu oleskan pada kulit kepala Si Kecil. Diamkan selama 15 menit, kemudian bersihkan rambut dan kepala Si Kecil.

5. Buah Bit

Buah bit selain dijadikan bahan makanan sehat untuk anak, bisa juga dimanfaatkan untuk perawatan mengatasi rambut rontok pada anak.

Buah bit mengandung vitamin dan mineral, seperti vitamin B6, C, magnesium, folat, betanin, dan potasium. Nutrisinya ini mampu membuat rambut lebih sehat, menjaga kulit kepala tetap bersih, dan mengatasi rambut rontok.

Buat pasta buah bit dengan merebus beberapa buah bit, kemudian dihaluskan. Aplikasikan pasta buah bit tersebut ke kulit kepala Si Kecil dan diamkan selama 15—20 menit. Setelah itu, bersihkan dengan air hangat.

 

Sampo dan Hair Lotion untuk Rambut Rontok

Kandungan bahan alami dari lidah buaya dan minyak kelapa, juga dapat Bunda temukan dalam rangkaian sampo dan hair lotion khusus untuk bayi dari Cussons Baby.

Cussons Baby Shampoo and hair lotion Coconut Oil Aloe Vera

Saat mandi, Bunda dapat mencuci rambut Si Kecil dengan Cussons Baby Shampoo Coconut Oil & Aloe Vera. Setelah rambut dibersihkan, lanjutkan dengan perawatan rambut Cussons Baby Hair Lotion Coconut Oil & Aloe Vera.

Kedua produk tersebut dapat menjaga kulit kepala, merawat rambut agar tetap sehat, dan mendorong pertumbuhan rambut. Dengan begitu, kerontokan rambut pun dapat diminimalisir. Produk ini juga telah diuji secara klinis lembut di mata Si Kecil.

Baca juga : Cara Merawat Rambut Anak Keriting Yang Tepat

Setelah membaca penjelasan di atas, Bunda tak perlu panik lagi ya, apabila rambut Si Kecil rontok. Ada banyak cara yang bisa Bunda lakukan untuk mengatasi kerontokan rambut Si Kecil. Tentunya, dengan tetap memilih cara dan bahan yang aman dan alami untuk Si Kecil.

 

REFERENSI
“10 Tips to Naturally Regrow Your Hair”. Healthline.com
“13 Bahan Alami untuk Mengatasi Rambut Rontok pada Anak”. Orami.co.id
“23 Manfaat Minyak Kelapa untuk Bayi, Berkhasiat Banget!”. Orami.co.id
“9 Cara Memanfaatkan Minyak Kelapa untuk Bayi”. Hellosehat.com
“What Causes Hair Loss n Children And How To Treat It?”. Momjunction.com
“Seven Home Remedies to Stop Hair Fall and Regrow Your Tresses”. Timesnownews.com
“Hair Loss in Babies”. Babycentre.com
“What It Means If Your Baby Is Losing Hair”. Healthline.com
“11 Penyebab Rambut Rontok pada Anak Beserta Cara Mengatasinya”. Merdeka.com

 

 

x

Dapatkan Produk Kami di Sini:

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Artikels

Ayo, Jadilah Bagian dari Sahabat Bunda Cussons!