Manfaat Vitamin E Untuk Kesehatan Rambut Si Kecil

Vitamin E telah dikenal banyak orang karena fungsi dan perannya untuk kesehatan tubuh. Tak terkecuali, perannya dalam menjaga kesehatan rambut dan mempercantik rambut, termasuk rambut bayi.

Ada banyak manfaat vitamin E untuk rambut. Di antaranya untuk menumbuhkan, melebatkan, hingga menguatkan rambut Si Kecil.

Asupan vitamin sangat dibutuhkan agar perkembangan tubuh menjadi optimal. Salah satu vitamin yang sangat penting untuk tubuh adalah vitamin E. Tak hanya orang dewasa saja, bayi dan anak-anak pun membutuhkan nutrisi vitamin E yang cukup.

Vitamin E merupakan nutrisi yang dibutuhkan bayi dan anak-anak untuk kesehatan tubuhnya dan tumbuh kembangnya. Sebagai nutrisi yang sangat penting bagi  bayi dan anak-anak, vitamin E berperan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan membantu tubuh Si Kecil melawan kuman, virus, dan bakteri.

Selain itu, vitamin E juga menjaga agar pembuluh darahnya terbuka cukup lebar sehingga darah dapat mengalir dengan bebas. Hal ini akan membantu sel-sel tubuh Si Kecil dapat bekerja sama untuk melakukan banyak fungsi.

Tak hanya untuk kesehatan tubuh Si Kecil, ternyata vitamin E juga punya peran penting untuk menjaga kesehatan kulit kepala dan rambut Si Kecil.

Apalagi kulit kepala Si Kecil ketika ia masih bayi, sangat sensitif yang rentan iritasi dan kering sehingga dibutuhkan bahan alami untuk menjaga kesehatan kulit kepala dan rambutnya.

Baca juga : Cara cepat menumbukan rambut bayi

Vitamin E memiliki sifat anti-inflamasi yang berfungsi untuk melawan kondisi iritasi di kulit kepala Si Kecil. Ditambah lagi, vitamin E ini dapat membentuk lapisan pelindung di atas kulit kepala sehingga membuat kulit kepala Si Kecil selalu terhidrasi.

Karena vitamin E ini larut dalam lemak, vitamin E pun mampu menembus ke dalam kulit sehingga mampu membantu memulihkan kondisi kulit kepala yang infeksi.

Vitamin E yang disebut dengan alfa tokoferol ini mengandung antioksidan yang tinggi. Nah, antioksidannya ini juga berperan untuk mengurangi kerusakan sel dan memperbaiki jaringan pada rambut Si Kecil.

Vitamin E dapat melindungi rambut dan kulit kepala Si Kecil dari lingkungan eksternal yang dapat merusak. Selain itu, vitamin E juga berdampak positif bagi pertumbuhan rambut bayi dan anak-anak.

Itu karena, sirkulasi darah yang mengalir ke kulit kepala Si Kecil meningkat. Hal ini pun akan membantu mendorong pertumbuhan rambut bayi dan anak-anak.

Manfaat Vitamin E untuk Rambut Si Kecil

Nah, apabila Bunda mengaplikasikan vitamin E pada rambut Si Kecil secara rutin, ada beberapa manfaat vitamin E untuk rambut yang bisa didapatkan.

Manfaat vitamin E untuk rambut ini berlaku bagi semua jenis atau tipe rambut bayi dan anak-anak. Terutama bagi Si Kecil yang memiliki rambut yang kasar, kering, dan bertekstur.

1. Membuat folikel rambut sehat

Vitamin E sangat penting untuk menjaga kesehatan kulit, termasuk kulit kepala bayi dan anak-anak. Kandungan antioksidan yang tinggi di dalam vitamin E dapat membantu mengurangi jumlah stres oksidatif dan radikal bebas yang menyebabkan sel-sel folikel rambut di kulit kepala Si Kecil menjadi rusak.

Untuk diketahui, folikel rambut merupakan lubang kecil tempat tumbuhnya rambut. Nah, ketika folikel rambut pada kulit kepala menjadi sehat lagi, pertumbuhan rambut Si Kecil pun akan tetap terjaga.

Baca juga : Cara melebatkan rambut bayi

2. Menjaga kesehatan kulit kepala

Antioksidan yang kuat di dalam vitamin E dapat membantu menciptakan lingkungan kulit kepala Si Kecil yang sehat. Kelembaban pada kulit kepala pun dapat ditingkatkan sehingga membantu memperbaiki kulit kepalanya yang kering dan bersisik.

Vitamin E juga bisa menjadi pelindung kulit kepala Si Kecil terhadap kondisi, misalnya, dermatitis seboroik atau kondisi cradle cap pada bayi.

3. Mendorong pertumbuhan rambut

Vitamin E Untuk Rambut Anak
Salah satu manfaat vitamin E untuk rambut untuk mencegah kerontokan rambut pada bayi. Foto: Unsplash/picsea

Berkat vitamin E, lingkungan kulit kepala Si Kecil menjadi lebih sehat. Karena hal itulah, sirkulasi peredaran darah di sekitar kulit kepala dan aliran darah ke kulit kepala makin meningkat.

Lancarnya sirkulasi peredaran darah ini dapat membantu membawa nutrisi hingga masuk ke akar dan batang rambut sehingga mendorong pertumbuhan rambut Si Kecil. Rambut Si Kecil pun akan tumbuh lebat dan sehat, Bunda.

(Keterangan: Salah satu manfaat vitamin E untuk rambut untuk mencegah kerontokan rambut pada bayi. Foto: Unsplash/picsea)

4. Mencegah rambut rontok

Bunda khawatir ketika melihat rambut Si Kecil mengalami kerontokan? Nah, Bunda bisa merawat rambut dan kulit kepala Si Kecil dengan vitamin E.

Sebuah penelitian kecil menunjukkan bahwa komponen yang ada di dalam vitamin E dapat berperan untuk mencegah kerontokan rambut. Vitamin E juga dapat memperbaiki pertumbuhan rambut pada individu yang mengalami kerontokan rambut.

Itu karena sifat antioksidannya yang dapat mengurangi stres oksidatif di kulit kepala sehingga mendukung kulit kepala dan memberikan rambut Si Kecil dasar yang kuat.

5. Menambah kilau rambut

Bunda pasti ingin Si Kecil memiliki rambut yang berkilau. Tahukah Bunda, kutikula rambut merupakan bagian terluar rambut yang menjadi kunci rambut bisa berkilau. Apabila lapisan pelindung di kutikula rambut ini menghilang, rambut pun akan kehilangan kilaunya.

Nah, penggunaan minyak vitamin E dapat membantu memperbaiki lapisan pelindung rambut (kutikula), mengunci kelembaban pada rambut, mengurangi kerusakan rambut, dan melindungi rambut dari kerusakan. Perbaikan pada jaringan rambut ini akan membuat rambut Si Kecil lebih berkilau, sehat, serta mudah diatur dan ditata.

6. Meningkatkan kekuatan rambut

Vitamin E dapat memperkuat folikel rambut Si Kecil. Manfaat vitamin E untuk rambut dapat melindungi rambut Si Kecil dari kerusakan dan ujung rambut yang bercabang.

7. Menyeimbangkan produksi minyak pada kulit kepala

Vitamin E sangat penting dalam menciptakan penghalang pelindung pada permukaan kulit, termasuk pada kulit kepala bayi dan anak-anak. Nah, penghalang ini dapat membantu mengunci kelembaban pada kulit kepala Si Kecil sehingga mencegah produksi minyak yang berlebihan.

 

Cara Memanfaatkan Vitamin E untuk Rambut

Perlu diketahui Bunda, vitamin E tidak dapat dihasilkan oleh tubuh. Meski begitu, Bunda tak usah khawatir karena sumber vitamin E bisa didapatkan dari berbagai jenis makanan dan suplemen yang bisa dengan mudah ditemukan di pasar atau toko terdekat.

Vitamin E juga dapat diaplikasikan langsung di kulit kepala dan rambut dengan berbagai produk perawatan rambut khusus bayi sehingga tetap aman digunakan.

1. Sumber vitamin E dalam makanan

Banyak jenis makanan yang kaya akan kandungan vitamin E di dalamnya. Di antaranya adalah kacang-kacangan, seperti almond dan kacang tanah.

Sumber vitamin E juga ada di dalam sayur-sayuran berdaun hijau, brokoli, buah-buahan, jagung, kedelai, minyak biji bunga matahari, minyak zaitun, dan bibit gandum.

Bunda dapat menambahkan sumber makanan ini ketika Si Kecil sudah mulai mendapat makanan pendamping atau MPASI.

Baca juga : Cara Merawat Rambut Bayi Setelah Dicukur

2. Sumber vitamin E dalam produk perawatan rambut

Karena kepopuleran manfaat vitamin E untuk rambut, Bunda dapat menemukan berbagai produk perawatan rambut yang mengandung vitamin E. Misalnya di dalam sampo, kondisioner, hingga minyak rambut.

Karena produk perawatan rambut ini dapat digunakan sehari-hari, tentu harus dipilih produk yang formulanya memang dikhususkan untuk bayi. Salah satunya adalah Cussons Baby Natural Hair Oil Coconut & Vit. E. 

Cussons Hair Baby

Minyak rambut khusus bayi ini terdiri dari 100 persen minyak kelapa alami yang dapat melembabkan rambut dan kulit kepala. Bahan minyak kelapa alami ini mengandung banyak vitamin E yang berperan untuk menutrisi kulit kepala bayi.

Minyak rambut ini juga membantu menghilangkan kotoran di kepala bayi agar kebersihan dan kesehatan kulit kepalanya tetap terjaga.

Dengan begitu, rambut Si Kecil akan tumbuh subur, lebat, dan tebal. Cussons Baby Natural Hair Oil Coconut & Vit. E juga dapat digunakan untuk anak-anak yang usianya sudah lebih besar.

Vitamin e Untuk Kesehatan Rambut
Sumber vitamin E bisa didapatkan dari mana saja, seperti makanan, suplemen, produk perawatan rambut, dan minyak vitamin E. Foto: Freepik/Freepic.diller

(Keterangan: Sumber vitamin E bisa didapatkan dari mana saja, seperti makanan, suplemen, produk perawatan rambut, dan minyak vitamin E. Foto: Freepik/Freepic.diller)

3. Minyak vitamin E

Selain produk perawatan rambut, Bunda juga dapat menggunakan minyak yang kaya akan kandungan vitamin E. Dengan mengoleskan minyak vitamin E ke rambut dan kulit kepala Si Kecil sebelum mandi, dapat melembabkan rambut sehingga membantu memperbaiki rambutnya yang kusut.

Baca juga : Cara Melebatkan Rambut Si Kecil Dengan Seledri

Cara menggunakan minyak vitamin E adalah dengan meneteskan sedikit minyak vitamin E ke kulit kepala Si Kecil. Kemudian dipijat secara perlahan atau dengan menyisirnya perlahan-lahan.

Setelah itu, diamkan minyak selama sekitar 15 menit agar nutrisi vitamin E dapat menyerap masuk ke dalam kulit kepala dan batang rambut. Lalu, bersihkan minyak dari rambut dan kulit kepala Si Kecil dengan sampo yang biasa digunakan Si Kecil.

4. Sumber vitamin E dari suplemen

Vitamin E merupakan asupan penting untuk kesehatan bayi dan anak-anak. Suplemen yang mengandung vitamin E juga banyak dijual di pasaran.

Namun, Bunda harus konsultasikan dulu kepada dokter, apakah Si Kecil membutuhkan konsumsi suplemen vitamin E atau tidak. Sebab, bayi dan anak-anak bisa mendapatkan cukup vitamin E dari sumber makanan. Apabila terlalu banyak asupan vitamin E, tidak baik juga untuk kesehatan Si Kecil.

Baca juga : Cara Menggunakan Minyak Kemiri Untuk Rambut Dan Dapatkan Manfaatnya

Nah, Bunda sekarang sudah tahu lebih banyak tentang manfaat vitamin E untuk rambut dan sumber-sumber untuk mendapatkan vitamin E. Bagus juga apabila kulit kepala dan rambut Si Kecil dirawat dengan menggunakan vitamin E sejak dini agar kulit kepala dan rambutnya selalu terjaga kesehatannya.

 

REFERENSI
“How Vitamin E Can Benefit Your Hair”. Healthline.com
“Everything You Need to Know About Using Vitamin E Oil For Hair”. Byrdie.com
“Is Vitamin E Good for Your Hair?”. Medicalnewstoday.com
“Manfaat Utama Vitamin E untuk Kesehatan Rambut”. Hellosehat.com
“8 Manfaat Ajaib Minyak Vitamin E untuk Perawatan Rambut Anda”. Liputan6.com
“How Vitamin E for Hair can Boost your Hair Health”. Femina.in.

 

 

x

Dapatkan Produk Kami di Sini:

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Artikels

Ayo, Jadilah Bagian dari Sahabat Bunda Cussons!