Daftar Minyak Penumbuh Rambut Bayi Yang Aman

Melihat rambut bayi yang tipis dan tak kunjung tumbuh, Bunda pastinya gemas hingga melakukan berbagai upaya untuk menumbuhkan rambut Si Kecil.

Selain keramas, Bunda juga perlu melakukan perawatan tambahan agar rambut Si Kecil dapat tumbuh subur. Salah satunya bisa dilakukan dengan perawatan menggunakan minyak berbahan dasar alami agar aman untuk Si Kecil.

Nah, berikut ada daftar minyak penumbuh rambut bayi yang aman untuk Si Kecil nih, Bunda. Simak yuk!

Tak semua bayi langsung memiliki rambut yang tebal dan lebat ketika lahir. Ada pula bayi yang memiliki rambut tipis. Melihat pertumbuhan rambut Si Kecil yang lambat, Bunda pastinya akan melakukan berbagai cara untuk merangsang pertumbuhan rambutnya.

Meski begitu, perlu diingat nih Bunda bahwa pertumbuhan rambut bayi tidak bisa dipercepat. Sebab, pertumbuhan rambut merupakan proses alami yang bergantung pada genetik yang dimiliki si bayi.

Namun Bunda bisa melakukan perawatan rambut agar rambut Si Kecil tetap terawat dan sehat sehingga rambut Si kecil terhindar dari kerusakan.

Hal ini pun akan mendorong pertumbuhan rambut si bayi. Salah satu perawatan tersebut adalah perawatan rambut dengan minyak.

 

Peran Minyak Alami untuk Menumbuhkan Rambut Bayi

Perawatan rambut bayi dengan minyak ini sudah dilakukan secara turun-temurun. Namun minyak rambut yang digunakan untuk perawatan rambut bayi berbeda dengan orang dewasa.

Minyak penumbuh rambut bayi yang aman untuk Si Kecil tentunya dipilih yang berbahan dasar alami dan kaya akan nutrisi. Selain itu, minyak rambut itu juga tidak mengandung bahan-bahan kimia yang berbahaya untuk Si Kecil, terutama untuk bayi yang sensitif.

Minyak alami menjadi salah satu kunci dalam perawatan rambut Si Kecil. Penggunaan minyak alami dalam perawatan rambut bayi dapat mendatangkan banyak keuntungan. Antara lain, membantu melancarkan sirkulasi darah di kulit kepala agar kulit kepala Si Kecil tetap sehat.

Minyak alami yang kaya akan protein, antioksidan, dan vitamin juga akan membantu merangsang pertumbuhan rambut Si Kecil. Selain itu, perawatan rambut dengan minyak alami juga dapat membantu melembapkan rambut dan kulit kepala.

 

Daftar Minyak Penumbuh Rambut Bayi yang Aman

Lalu, minyak rambut apa saja sih yang biasanya dipakai untuk perawatan rambut bayi? Nah, inilah daftar minyak penumbuh rambut bayi yang aman untuk Si Kecil.

1. Minyak Kemiri

Manfaat minyak kemiri untuk menumbuhkan dan melebatkan rambut bayi
Manfaat minyak kemiri untuk menumbuhkan dan melebatkan rambut bayi sudah dikenal sejak dulu. (Foto: Istimewa/Risia)

Minyak yang satu ini pastinya sudah dikenal oleh para ibu di Indonesia. Tak hanya untuk memasak, minyak kemiri juga identik dengan perawatan rambut. Perawatan rambut dengan minyak kemiri sudah dilakukan sejak zaman dahulu hingga sekarang secara turun-temurun.

Sebab, kandungan di dalam minyak kemiri memang sangat bermanfaat untuk memberi kesehatan dan keindahan rambut, termasuk rambut bayi.

Minyak kemiri mengandung asam oleat, asam linoleat, asam linolenat, protein, vitamin B1, vitamin E, mineral, miristat, dan antioksidan alami.

Baca juga : Cara Menggunakan Minyak Kemiri Untuk Rambut Dan Dapatkan Manfaatnya

Salah satu manfaat minyak kemiri adalah membantu merangsang pertumbuhan rambut bayi. Kandungan dalam minyak kemiri yang dapat dengan mudah diserap oleh kulit kepala Si Kecil akan membantu rambut ternutrisi dan terhidrasi dengan baik sehingga rambut lebih sehat.

Kandungan linoleat dan linolenat sangat baik untuk menutrisi jaringan kulit dan rambut yang sehat. Ketika lingkungan di sekitar rambut sehat, rambut pun akan tumbuh subur, lebat, lembap, dan terhindar dari kerontokan.

Temukan manfaat minyak kemiri alami dalam Cussons Baby Hair Lotion Candle Nut & Celery yang dapat memberikan nutrisi dan membantu pertumbuhan rambut tetap tebal.

Juga, untuk merawat rambut dan kulit kepala bayi, menjaga rambut tetap sehat, hitam, tebal, dan terasa segar.

2. Minyak Kelapa

Minyak kelapa alami dapat menutrisi dan meningkatkan pertumbuhan rambut Si Kecil
Minyak kelapa alami dapat menutrisi dan meningkatkan pertumbuhan rambut Si Kecil. (Foto: Unplash/Tijana Drndaski)

Selain minyak kemiri, kegunaan minyak kelapa untuk merawat rambut juga pastinya sudah dikenal oleh Bunda. Minyak kelapa mengandung nutrisi alami seperti vitamin E dan K, kaya akan antioksidan alami, asam lemak, dan protein.

Minyak kelapa juga kaya akan kandungan asam laurat yang dapat menembus ke dalam batang rambut. Dengan begitu, nutrisi dalam minyak kelapa dapat terserap dengan baik ke dalam rambut. Hal ini membuat rambut Si Kecil terlindung dari kerusakan.

Minyak kelapa juga memiliki sifat antibakteri dan antimikroba yang membantu menghilangkan sebum yang menumpuk dari folikel rambut.

Nah, rambut yang terawat dan ternutrisi dengan baik ini akan membantu meningkatkan pertumbuhan rambut Si Kecil. Itu karena vitamin E dan K di dalam minyak kelapa dapat merangsang akar rambut Si Kecil jadi lebih kuat dan lebih cepat tumbuh. Rambut pun tumbuh sehat, kuat, dan subur.

Minyak kelapa tidak berbahaya untuk Si Kecil ya, Bunda. Faktanya, minyak kelapa malah menjadi salah satu minyak dalam daftar penumbuh rambut bayi yang aman untuk Si Kecil.

Baca juga : Manfaat Minyak Kelapa Untuk Rambut Bayi

Nah, Bunda bisa memilih minyak kelapa yang aman dan praktis, yaitu Cussons Baby Hair Lotion Coconut Oil & Aloe Vera. Hair lotion yang berbahan dasar minyak kelapa ini juga akan membantu menjaga kulit kepala bayi tetap sehat dan menunjang pertumbuhan rambut Si Kecil yang sehat.

Minyak Almond

Minyak almond yang diambil dari ekstrak biji almond ini juga bermanfaat sebagai penumbuh rambut bayi
Minyak almond yang diambil dari ekstrak biji almond ini juga bermanfaat sebagai penumbuh rambut bayi. (Foto: Freepik/Jcomp)

Minyak almond merupakan minyak yang terbuat dari ekstrak biji almond. Biji almond yang dikenal baik untuk kesehatan ini memang kaya akan nutrisi di dalamnya.

Antara lain kaya akan protein, asam lemak, omega 3, serat, fitokimia, vitamin seperti vitamin E, biotin, dan mineral. Minyak almond juga mengandung antioksidan dan memiliki sifat antiinflamasi, antibakteri, dan antijamur.

Minyak almond mudah meresap ke dalam kulit sehingga dapat bekerja dengan baik untuk memberi nutrisi ke kulit kepala. Kandungan nutrisinya akan membantu membersihkan folikel rambut, memperkuat rambut, dan melindungi rambut Si Kecil dari kerusakan.

Baca juga : Manfaat Minyak Almond Untuk Rambut Sehat dan Lebat

Ketika rambut Si Kecil tetap terjaga kesehatannya, ini artinya pertumbuhan rambutnya tidak melambat. Kandungan nutrisi minyak almond alami untuk merangsang pertumbuhan rambut bayi juga dapat Bunda temukan dalam Cussons Baby Hair Lotion Almond Oil & Honey.

Minyak Alpukat

Minyak alpukat dapat merangsang pertumbuhan rambut Si Kecil
Minyak alpukat dapat merangsang pertumbuhan rambut Si Kecil sehingga tumbuh sehat, tebal, dan panjang. (Foto: Freepik/Freepic.diller)

Ternyata alpukat juga bisa diolah menjadi minyak rambut alami. Kandungan nutrisi di dalam minyak alpukat adalah asam lemak tak jenuh tunggal, vitamin A, B, D, E, antioksidan, asam amino, asam lemak essensial, karetenoid (lutein dan beta karoten).

Minyak alpukat dapat digunakan untuk segala jenis rambut, termasuk rambut bayi. Sebabnya, minyak alpukat dapat menembus jauh ke dalam kulit kepala dan batang rambut.

Minyak alpukat juga akan membantu menstimulasi dan melancarkan sirkulasi darah dan membersihkan folikel yang tersumbat.

Baca juga : Cara Memilih Minyak Rambut Bayi Yang Bagus

Dengan begitu, merangsang pertumbuhan rambut Si Kecil. Rambutnya pun akan tumbuh dengan sehat, tebal, dan panjang.

Pilihan lain dari minyak alpukat, Bunda dapat menggunakan Cussons Baby Hair Lotion Avocado & Pro Vit. B5. Hair lotion ini juga mengandung minyak alpukat alami yang menjaga dan merawat rambut tetap sehat, bercahaya, dan segar. Dengan begitu, mendorong pertumbuhan rambut si Kecil secara alami.

Minyak Zaitun

minyak zaitun secara rutin mendorong pembentukan rambut baru
Penggunaan minyak zaitun secara rutin mendorong pembentukan rambut baru. (Foto: Unsplash/Roberta Sorge)

Minyak zaitun sudah dikenal sejak ribuan tahun lalu sebagai bahan dasar alami untuk perawatan dan kecantikan tubuh, termasuk untuk perawatan rambut bayi.

Minyak zaitun yang merupakan olahan dari buah zaitun ini memiliki kandungan nutrisi yang melimpah. Antara lain, beta karoten, antioksidan, vitamin A, D, E, dan K, asam lemak, dan mineral.

Kandungan nutrisi inilah yang saling bekerja sama untuk membantu menjaga kondisi kulit kepala dan rambut Si Kecil jadi lebih sehat.

Penggunaan minyak zaitun secara rutin akan mendorong pembentukan rambut baru dan menstimulasi pertumbuhan rambut Si Kecil dengan optimal.

Nah, Bunda, ternyata ada banyak bahan alami di rumah yang dapat dimanfaatkan menjadi minyak untuk merawat dan menumbuhkan rambut.

Baca juga : 8 Manfaat Minyak Untuk Rambut Sehat Dan Tebal

Sekarang Bunda sudah tahu, kan, jenis-jenis minyak penumbuh rambut yang aman untuk Si Kecil. Bunda juga sudah tahu caranya untuk mendapatkan kebaikan dari setiap minyak untuk rambut Si Kecil.

Yuk, Bund, berikan minyak penumbuh rambut yang aman dan alami untuk rambut Si Kecil secara rutin.

 

REFERENSI
“16 Natural Hair Growth and Scalp Oils For Kids and Tweens”. Coilsandglory.com
“The Benefits of Almond Oil for Skin, Hair, and Cooking”. Healthline.com
“Almond Oil for Hair”. Healthline.com
 “Manfaat Minyak Kelapa untuk Bayi, Mulai dari Mengatasi Eksim Sampai Melebatkan Rambut”. Hellosehat.com
“What Are the Benefits of Using Avocado Oil on Hair?”. Healthline.com
“How to Use Avocado Oil for Healthy, Shiny Hair”. Byrdie.com
“5 Jenis Minyak Alami untuk Memelihara Keindahan Rambut Bayi”. Popmama.com
“Cara Sehat Menebalkan Rambut Bayi”. Klikdokter.com
“7 Manfaat Minyak Kemiri untuk Rambut, Jaga Kesehatannya Secara Alami”. Hot.liputan6.com
“Khasiat Minyak Zaitun untuk Rambut Anak”. Halodoc.com
“5 Manfaat Penggunaan Minyak Zaitun untuk Rambut Anak”. Popmama.com

 

 

x

Dapatkan Produk Kami di Sini:

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Artikels

Ayo, Jadilah Bagian dari Sahabat Bunda Cussons!