Cara Melebatkan Rambut Si Kecil Dengan Seledri

Rambut bayi yang lebat memang menjadi impian setiap orangtua. Banyak pula bahan-bahan alami yang menawarkan manfaat untuk melebatkan rambut bayi.

Salah satu bahan alami yang dipercaya untuk melebatkan rambut adalah seledri. Nah, bagaimana cara melebatkan rambut bayi dengan seledri? Simak informasi selengkapnya berikut ini yuk, Bun!

Bagi masyarakat Indonesia, bayi yang memiliki rambut hitam, lebat, dan tebal memang memiliki pesonanya sendiri. Banyak pula orangtua yang senang dengan kondisi rambut bayi lebat dan tebal.

Namun, tak semua bayi yang baru lahir memiliki rambut seperti itu. Ada pula bayi yang terlahir dengan rambut yang tipis.

Meski begitu, Bunda tak perlu khawatir apabila bayi Bunda memiliki rambut yang tipis. Sebab pada umumnya, bayi yang baru lahir memang memiliki rambut yang tipis.

Apalagi kebanyakan bayi juga akan kehilangan rambutnya selama beberapa bulan awal kehidupannya. Ini adalah hal yang normal dan disebabkan karena hormon.

Menurut Dr. Chan Yuin Chew, konsultan dermatologis pediatrik dari Dermatology Associates di Singapura, beberapa bayi memiliki rambut tipis saat lahir dan menjadi lebih tebal pada usia satu tahun.

Hal ini disebabkan keterlambatan transisi dari rambut velus, yaitu rambut yang bertekstur halus, pendek, tipis, dan berbulu, ke rambut terminal.

Rambut terminal adalah rambut yang tumbuh pada anak yang berusia di atas 1 tahun. Nah, saat usianya 1 tahun, struktur dan jenis rambutnya itu biasanya lebih tebal, lebih gelap, dan lebih panjang.

Perlu Bunda ketahui juga bahwa lebat, tebal, folikel rambut, warna, dan tekstur rambut bayi itu tergantung pada genetik yang diturunkan dari orangtuanya.

Selain genetik, kelebatan rambut bayi juga dipengaruhi karena adanya perbedaan laju pertumbuhan rambut, kadar hormon tertentu, dan kecukupan nutrisi.

Bunda juga harus tahu nih, bahwa pada umumnya pertumbuhan rambut bayi secara pesat terjadi ketika ia berusia 6—12 bulan.

Baca jugaminyak kemiri untuk rambut bayi

Benarkah Seledri Dapat Melebatkan Rambut ?

(Foto: Unsplash/Valentin Balan)

Meski demikian, banyak orangtua yang tetap melakukan berbagai perawatan rambut agar rambut Si Kecil dapat tumbuh dengan lebat.

Perawatan rambut yang dilakukan untuk bayi biasanya perawatan yang memanfaatkan bahan-bahan alami. Mengingat, bayi masih rentan terhadap berbagai benda asing, apalagi bahan-bahan kimia.

Salah satu bahan alami yang dipercaya masyarakat untuk melebatkan rambut adalah seledri. Tanaman sayuran bernama ilmiah Apium graveolens L dari keluarga Apiaceae ini memang sudah dibudidayakan sejak dulu karena dikenal bernutrisi tinggi dan bagus untuk kesehatan, tak terkecuali kesehatan rambut.

Cara melebatkan rambut bayi dengan seledri juga sudah dilakukan orangtua zaman dulu dan diwariskan secara turun-temurun.

Mungkin saja, Bunda pernah mendengar manfaat seledri untuk melebatkan rambut ini. Namun, benarkah seledri dapat melebatkan rambut bayi?

 

Alasan Seledri Bisa Melebatkan Rambut

Ternyata, memang ada alasan di balik pemanfaatan seledri untuk menebalkan rambut Si Kecil. Di dalam seledri ini mengandung nutrisi, seperti vitamin dan mineral, yang memang dapat membantu merangsang pertumbuhan rambut dan melebatkan rambut.

Di antaranya adalah kandungan vitamin A, vitamin C, vitamin E, vitamin B kompleks, vitamin K, asam folat dan magnesium.

Ada pula kandungan tannin, flavonoid, dan minyak atsiri. Kandungan-kandungan nutrisi ini sangat bermanfaat untuk menyuburkan dan melebatkan rambut, termasuk rambut bayi.

Seledri kaya akan kandungan vitamin A. Vitamin A juga menjadi komponen penting dalam seledri. Semua sel dalam tubuh bayi membutuhkan vitamin A untuk pertumbuhannya, terutama rambut.

Sebabnya, rambut merupakan jaringan yang tumbuh paling cepat. Vitamin A ini juga membantu pertumbuhan sebum atau zat berminyak yang dapat melembapkan kulit kepala sehingga kelenjar kulitnya menjadi lebih sehat. Hal ini akan mendorong pertumbuhan rambut Si Kecil dan meningkatkan tektur rambut.

Tak hanya itu saja manfaat dari seledri, Bunda. Kandungan air dan vitamin A yang tinggi di dalam seledri dapat membantu kulit kepala tetap terhidrasi dan mencegah ketombe, serta menutrisi akar dan setiap helaian rambut Si Kecil.

Air di dalam seledri pun berguna untuk pertumbuhan rambut Si Kecil yang berkelanjutan sehingga rambutnya makin lebat.

Kandungan vitamin, mineral, dan nutrisi lain di dalam seledri ini memberi kekuatan pada akar rambut. Seledri juga memiliki banyak senyawa fenolik dan antioksidan penting yang bagus untuk kesehatan rambut.

Baca jugaCara Memilih Minyak Rambut Bayi Yang Bagus

Manfaatkan Seledri untuk Lebatkan Rambut

(Keterangan: Cuci rambut secara rutin juga menjadi salah satu cara melebatkan rambut bayi. Foto: Unsplash/Darshan Gavali)

Nah, cara melebatkan rambut bayi dengan seledri ini biasanya dilakukan dengan membuat jus seledri. Bunda dapat mengambil beberapa seledri yang sudah dibersihkan.

Kemudian seledri, baik daun maupun batangnya, diblender halus menjadi jus. Nah, jus seledri tersebut dioleskan ke rambut dan kulit kepala Si Kecil sebagai masker rambut. Saat mengoleskan jus seledri ini, Bunda dapat memijat kepala bayi perlahan-lahan.

Lalu, diamkan selama beberapa menit, sekitar 30—40 menit, agar kandungan nutrisi seledri dapat meresap ke dalam akar rambut dan kulit kepala Si Kecil.

Setelah itu, bersihkan kepala bayi dari masker seledri dengan membilasnya menggunakan air hangat. Bunda dapat melakukan perawatan rambut bayi dengan seledri ini secara rutin, misalnya 2 hingga 3 kali dalam seminggu. Rambut bayi pun akan tumbuh subur, lebat, dan semakin kuat.

Tak hanya sebagai masker rambut, cara melebatkan rambut bayi dengan seledri juga bisa dilakukan dengan mengonsumsinya.

Apabila Si Kecil masih berusia di bawah enam bulan, seledri dapat dimasukkan dalam pola makan Bunda sebagai pelengkap nutrisi ASI. Sementara itu, apabila bayi sudah berusia 6—12 bulan, seledri sudah bisa diberikan kepada Si Kecil sebagai pelengkap makanan tambahan atau MPASI.

Seledri yang sangat bergizi ini dapat menambah nutrisi untuk kesehatan rambut dan kesehatan tubuhnya juga sehingga dapat mendukung tumbuh kembangnya. Meski begitu, Bunda juga perlu mewaspadai terhadap reaksi alergi apabila Si Kecil diberikan seledri.

Baca jugaCara Menggunakan Minyak Kemiri Untuk Rambut Dan Dapatkan Manfaatnya

Cuci Rambut Secara Rutin

Cuci rambut secara rutin juga menjadi salah satu cara melebatkan rambut bayi. Sebab, mencuci rambut dengan sampo dapat membersihkan dan mengurangi kotoran di kulit kepala bayi.

Untuk diketahui, kotoran yang menumpuk di kulit kepala dapat meningkatkan risiko kulit kepala yang kering sehingga menghambat pertumbuhan rambutnya.

Gunakan sampo khusus bayi, seperti Cussons Baby Shampoo Candle Nut & Celery, yang telah diuji secara klinis lembut di mata.

Kandungan nutrisi seledri yang dapat membantu menumbuhkan, melebatkan, dan menebalkan rambut juga ada di dalam sampo ini. Sampo ini juga diperkaya dengan bahan alami kemiri yang memberi nutrisi dan menghitamkan rambut bayi.

Rawat pula rambut Si Kecil dengan hair lotion khusus bayi, yaitu Cussons Baby Hair Lotion Candle Nut & Celery. Dengan kandungan bahan alami seledri dan kemiri dapat merawat rambut dan kulit kepala bayi.

Baca jugaManfaat Seledri Untuk Rambut Bayi

Selain itu, hair lotion ini juga dapat menjaga rambut tetap sehat, hitam, tebal, dan terasa segar. Lakukan perawatan dengan hair lotion ini secara rutin setelah rambut bayi dikeramas.

 

REFERENSI
“Menggunduli Bayi Baru Lahir, Benarkah Membuat Rambut Jadi Lebih Lebat?”. Perdoski.id
“Daun Seledri Bisa Melebatkan Rambut Bayi, Mitos atau Fakta?” Alodokter.com
“Menebalkan Rambut Bayi, Benarkah Bisa Menggunakan Seledri?”. Motherandbaby.co.id
“Cara Melebatkan Rambut Bayi Secara Alami, Ternyata Bahannya Tak Susah, Ada Di Dapur Kita Loh!”. Galamedia.pikiran-rakyat.com
“Tak Hanya Bermanfaat Untuk Kesehatan, Daun Seledri Juga Bisa Buat Pertumbuhan Rambut Bayi Lebih Cepat Lho!”. Nakita.grid.id
“How Can I Make My Baby’s Hair Grow?”. Smartparents.sg
“Benefits of Celery Juice for Hair Growth: Have You Tried it Yet?”. Blushin.com
“6 Great Benefits of Celery Juice for Hair”. Hairstylecamp.com.

Konten Terkait

x

Dapatkan Produk Kami di Sini:

Ayo, Jadi Bagian dari Keluarga Cussons!