Apa Penyebab Rambut Bayi Kemerahan Dan Bagaimana Cara Mengatasinya ?

Banyak bunda bertanya tanya apa penyebab rambut anak merah padahal kedua orang tua rambutnya berwarna hitam, dan apakah rambut berwarna merah ini akan permanen hingga anak dewasa?

 

Penyebab Rambut Anak Merah

Selain faktor genetik atau keturunan, pertumbuhan rambut anak juga dipengaruhi oleh beberapa factor lain antara lain; asupan gizi sehari hari, hormon, perawatan sehari hari dan juga lingkungan.

Warna rambut kemerahan pada anak bisa disebabkan oleh :

  1. Faktor genetik sebagaimana kita ketahui memiliki peran penting dalam menentukan warna dan jenis rambut anak. Apabila salah satu atau kedua orang tua memiliki rambut berwarna kemerahan, ada kemungkinan salah satu anak akan memiliki rambut sejenis.
  2. Asupan gizi yang kurang seimbang. Menurut penelitian, anak anak yang memiliki defisiensi atau kekurangan protein, zat besi, serta mineral akan memiliki rambut berwarna kemerahan dan tipis.
  3. Faktor hormon. Hormon yang mempengaruhi pertumbuhan rambut bayi antara lain hormone androgen, estrogen serta tiroid. Saat berada dalam kandungan, pengaruh hormone dari ibu akan mempengaruhi pertumbuhan rambut bayi. Namun saat anak sudah semakin besar, pengaruh hormon ibu semakin berkurang. Rambut anak dapat berwarna hitam saat baru lahir, kemudian menjadi kemerahan saat sudah lebih besar; atau sebaliknya.
  4. Faktor lingkungan. Anak yang sudah lebih besar dan banyak bermain di luar rumah dan terkena sinar matahari warna rambutnya dapat berubah menjadi kemerahan.

Penyebab Rambut Anak Merah

Bagaimana Merawat Rambut Anak Yang Kemerahan?

Perawatan rambut anak yang kemerahan dapat dilakukan seperti rambut anak biasanya. Gunakan produk perawatan rambut bayi dan anak dengan formula hypoallergenic dan sudah teruji klinis aman untuk kulit kepala dan rambut anak yang sensitif.

Bunda dapat menggunakan produk perawatan yang mengandung bahan alami antara lain:

  1. Kemiri . Kemiri atau candlenut mengandung asam amino esensial yang bermanfaat untuk memperkuat akar dan batang rambut. Asam amino esensial dalam kemiri juga membantu memperbaiki rambut yang rusak dan mengembalikan warna rambut kemerahan akibat paparan sinar matahari
  2. Minyak kelapa. Minyak kelapa juga kaya akan asam amino esensial dan membantu melembabkan rambut anak yang kemerahan. Memperbaiki batang rambut dan juga menutrisinya
  3. Minyak almond. Seperti halnya kacang almond yang kaya akan protein dan mineral baik, minyak almond juga terbukti membantu perbaikan rambut yang bercabang dan kemerahan
  4. Seledri kaya akan vitamin A,C, asam folat serta magnesium. Kandungan seledri inilah yang membantu memperbaiki rambut kemerahan serta menutrisinya

Baca juga : Apa Sih Perbedaan Baby Lotion, Baby Cream, dan Baby Oil ?

Apakah Rambut Anak Yang Merah Dapat Berubah Menjadi Hitam?

Sebagai orang asia, warna rambut yang lazim kita temui adalah yang berwarna hitam. Namun bukan berarti rambut yang berwarna merah adalah tidak normal atau harus diubah.

Apabila penyebab rambut anak merah adalah karena hormon selama dalam kandungan atau karena faktor keturunan, hal tersebut tidak perlu bunda khawatirkan.

Pengaruh hormone selama dalam kandungan terhadap pertumbuhan rambut anak akan hilang setelah anak berusia lebih dari satu tahun.

Sedangkan penyebab rambut anak merah karena keturunan tentu tidak dapat diubah, tetaplah merawat rambut anak dengan produk perawatan yang teruji secara klinis dan mengandung bahan alami sehingga rambut anak tumbuh sehat walaupun tidak berwarna hitam.

Apabila penyebab rambut anak merah adalah akibat paparan sinar matahari, bunda dapat membatasi waktu bermain anak di luar rumah pada siang hari di saat matahari masih terik. Hal ini untuk mencegah berubahnya warna rambut akibat terlalu lama terppar sinar matahari.

Baca juga : bintik merah pada kulit bayi

Penyebab rambut anak merah akibat asupan gizi yang kurang seimbang; bunda dapat mencoba memperhatikan makanan yang dikonsumsi anak bunda.

Usahakan memberi anak asupan yang seimbang, yang terdiri dari protein seperti telur, tahu dan tempe; lemak seperti daging, ikan, kuning telur, dan alpukat selain juga karbohidrat.

Apabila bunda merasa bingung dan butuh bantuan dokter, bunda dapat berkonsultasi ke dokter untuk mengetahui asupan yang tepat untuk anak bunda.

Baca Juga : Cara Melebatkan Rambut Si Kecil Dengan Seledri

Kapan Harus Khawatir Saat Mengetahui Penyebab Rambut Anak Merah?

  1. Apabila penyebab rambut anak merah adalahasupan gizi yang kurang dan disertai gangguan tumbuh kembang anak yang tidak sesuai usia
  2. Apabila rambut anak merah disertai rontok yang banyak dan terus menerus

Apabila terdapat hal hal tersebut diatas, bunda dapat berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan perawatan lebih lanut.

Nah, setelah mengetahui penyebab rambut anak merah dan apa yang harus dilakukan tentunya bunda tidak perlu merasa cemas apabila mendapati rambut anak merah.

Selama pertumbuhan anak baik, rambut tidak rontok berlebihan, bunda cukup merawat rambut anak dengan baik. Rambut yang berwarna kemerahan apabila sehat dan terawat akan tampak indah juga.

Baca juga : Penyebab Bruntusan Di Kepala Bayi Baru Lahir

 

 

x

Dapatkan Produk Kami di Sini:

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Artikels

Ayo, Jadilah Bagian dari Sahabat Bunda Cussons!