6 Manfaat Madu Untuk Rambut Sehat Dan Kuat

Madu sudah tak asing lagi bagi kita semua. Madu dikenal dengan khasiatnya yang baik untuk kesehatan. Karena itu, cairan kental yang umumnya memiliki rasa manis ini digunakan sebagai bahan makanan dan pengobatan tradisional sejak berabad-abad lalu.

Tak hanya itu saja, khasiat bahan alami madu ini juga dapat dipergunakan untuk kecantikan dan kesehatan rambut, termasuk rambut bayi. Simak lebih lanjut yuk, Bund, tentang manfaat madu untuk rambut sehat dan kuat berikut ini!

Manusia telah mengenal madu sejak zaman dahulu. Dalam catatan sejarah, keberadaan madu sudah tertulis dalam tulisan paku Sumeria dan Babilonia, kode Het, dan tulisan suci di India dan Mesir sejak tahun 2100 Sebelum Masehi.

Ada pula catatan dari sebuah lukisan kuno yang ada di dalam gua di Valencia, Spanyol, yang memperlihatkan proses memanen madu. 

Jejaknya dapat ditelusuri sekitar 8000 tahun yang lalu. Pada zaman dahulu, masyarakat Mesir Kuno, Assyria, China, Yunani dan Romawi Kuno mempergunakan madu untuk pengobatan alami, bahan makanan, pemanis alami, dan juga perawatan kecantikan tubuh, termasuk kulit dan rambut. 

 

Madu yang Sarat Nutrisi 

Tak heran ya, Bunda, orang-orang zaman dulu sudah memanfaatkan madu untuk berbagai hal karena madu memang sarat akan kandungan nutrisi baik di dalamnya.

Apa saja sih, kandungan nutrisi di dalam madu? Yang paling utama ada di dalam madu adalah air dan gula. Meski begitu, di dalam madu juga kaya akan nutrisi baik untuk tubuh. 

Manfaat madu untuk rambut sehat dan kuat
Manfaat madu untuk rambut sehat dan kuat (Foto: Unsplash/Alexander Mils)

Perlu Bunda ketahui, madu merupakan sumber karbohidrat (gula sederhana, fruktosa, dan glukosa). Madu juga mengandung sejumlah vitamin, mineral, asam amino, sedikit protein, dan enzim.

Cairan manis ini juga merupakan sumber antioksidan tinggi yang sangat penting bagi tubuh. Di dalam madu ada pula senyawa-senyawa yang bekerja sama dengan antioksidan secara sinergis untuk mendukung kesehatan. 

Madu juga memiliki sifat antibakteri, antijamur, dan antiinflamasi. Bahkan madu dilaporkan dapat melawan sekitar 60 jenis bakteri, jamur, dan virus.

Selain itu, madu merupakan humektan alami. Humektan merupakan zat untuk membantu menjaga kadar kelembapan alami. 

Karena banyak kandungan baik dan khasiat terapeutik pada madu, cairan kental ini juga dapat digunakan untuk menutrisi, melembapkan, dan meningkatkan kesehatan rambut, termasuk rambut bayi.

Nah, apa saja manfaat madu untuk rambut sehat dan kuat bagi bayi?

 

Manfaat Madu untuk Rambut Sehat

1. Untuk merangsang pertumbuhan rambut

Pertumbuhan rambut Si Kecil sangat jarang? Jangan panik Bunda! Bunda dapat mengoleskan sedikit madu ke kulit kepala Si Kecil untuk merangsang pertumbuhan rambutnya.

Sebabnya, madu memiliki kemampuan untuk meningkatkan pertumbuhan sel epitel (kulit). Dan, ternyata kulit kepala manusia itu penuh dengan sel epitel yang menyusun banyak folikel dan saluran yang sangat penting untuk pertumbuhan rambut.

Baca juga : Cara Melebatkan Rambut Bayi

Selain itu, bahan-bahan yang terkandung di dalam madu dapat membantu menciptakan lingkungan yang baik di sekitar rambut agar kondisi pertumbuhan rambut Si Kecil dapat lebih optimal.

Di antaranya sifat antimikroba pada madu yang dapat membantu menghilangkan kotoran yang menumpuk di kulit kepala, penyebab pori-pori tersumbat, sehingga pertumbuhan rambut berjalan lancar. 

2. Untuk melembapkan rambut

Selain menyehatkan rambut, madu juga bermanfaat sebagai kondisioner rambut. 

Perawatan conditioning ini dimaksudkan untuk mengembalikan kelembapan pada rambut Si Kecil. Berbagai produk perawatan conditioning biasanya mengandung vitamin, mineral, dan bahan-bahan lainnya yang bermanfaat. 

Nah, madu sebagai bahan alami pun mampu berperan untuk melembapkan rambut dan menjadikannya lebih sehat. Sebabnya, madu juga memiliki kandungan vitamin, mineral, asam amino, dan antioksidan. Rambut yang lembap menandakan rambut Si Kecil sehat.  

3. Untuk mengilaukan rambut

Madu memiliki sifat emolien dan humektan yang dapat membantu rambut lembap. Emolien membantu menghaluskan folikel rambut sehingga akan membantu rambut yang kusam jadi lebih berkilau.

Sementara itu, sifat humektan pada madu yang dapat mengikat molekul air sehingga akan membantu menambah kelembapan pada rambut yang kering.

Dengan khasiat yang melembapkan dan mengunci kilau, madu dapat membantu mengembalikan kilau alami rambut Si Kecil. 

4. Untuk menguatkan rambut

Rambut bayi memang belum rusak ya, Bunda. Nah, agar rambut Si Kecil terhindar dari kerusakan, rawatlah rambut Si Kecil dengan madu sedari kecil.

Madu mengandung protein dalam jumlah yang kecil. Nah, protein inilah yang dapat membantu menambah struktur dan kekuatan pada rambut Si Kecil sehingga rambut terhindar dari kerusakan dan lebih kuat.

Baca juga : Minyak Kemiri: Manfaat Untuk Rambut Bayi dan Cara Membuatnya

Apalagi jika dikombinasikan dengan vitamin dan mineral lain yang terkandung di dalam madu, manfaatnya pun akan lebih terasa.

5. Untuk menjaga kulit kepala tetap sehat

Kulit kepala yang sehat adalah salah satu tanda dan bagian penting dari rambut sehat. Karena itu, penting sekali untuk menjaga kulit kepala tetap sehat.

Bunda dapat menjaga kulit kepala Si Kecil dengan madu untuk membersihkan kulit kepala dari kotoran, minyak, dan residu dari produk-produk perawatan rambut.

Baca juga : Kulit Kepala Bayi Berkerak? Ini Cara Mengatasinya

Selain itu, madu juga dapat meringankan dan meredakan kulit kepala dari gejala masalah kulit, seperti ketombe atau dermatitis. Madu juga dapat melembapkan rambut dan kulit kepala. 

Menurut European Journal of Medical Research tahun 2001, madu yang dicampurkan dengan air hangat membantu mengurangi rasa gatal di kulit kepala akibat ketombe.

Selain itu, madu juga memiliki sifat antijamur, antibakteri, dan antiinflamasi yang menjaga kulit kepala terhindar dari bakteri dan jamur penyebab ruam merah dan gatal. 

6. Untuk mengatasi kondisi kulit yang meradang

Kondisi kulit yang meradang, seperti psoriasis dan eksim, dapat memengaruhi kesehatan kulit kepala Si Kecil. Untuk mengatasinya, Bunda dapat menggunakan madu.

Menurut penelitian, madu mengandung antioksidan dan antiinflamasi, yang merupakan zat penting untuk merawat dan mengatasi kondisi seperti ini. Sementara sifat antiinflamasi di dalam madu dapat membantu mengurangi kondisi kulit semakin parah. 

7. Untuk mengatasi rambut rontok

Bunda, apakah bayi Anda mengalami kerontokan rambut? Nah, ternyata madu bisa menjadi bahan pilihan alami yang mampu mengatasi rambut rontok.

Baca juga : Penyebab Rambut Rontok Pada Bayi

Itu karena nutrisi dan manfaat madu untuk rambut sehat dan kuat. Selain perawatan dengan madu, sebaiknya Bunda juga berkonsultasi dengan dokter mengenai penyebab rambut Si Kecil yang rontok. 

manfaat Madu juga dapat mengatasi permasalahan di kulit kepala

Perawatan Rambut Modern dengan Madu

Sekarang ini madu menjadi bahan alami yang populer digunakan dalam beragam produk perawatan tubuh modern, termasuk perawatan untuk rambut.

Ada pula madu yang dikombinasi dengan bahan alami lainnya agar tercipta produk dengan manfaat luar biasa. Seperti rangkaian produk dari Cussons Baby, yaitu Cussons Baby Shampoo Almond Oil & Honey dan Cussons Baby Hair Lotion Almond Oil & Honey.

Cussons Baby Shampoo and hair lotion Almond Oil & Honey

Perawatan rambut dari Cussons Baby ini sudah aman untuk digunakan bayi karena diperkaya kandungan bahan alami madu. Khasiat dan manfaat madu agar rambut sehat dan kuat.

Selain itu, kombinasi madu dengan minyak almond memberikan kelembutan dan kelembapan pada rambut, serta menutrisi rambut si bayi. Formulanya yang lembut dengan pH seimbang dan telah diuji secara klinis lembut di mata Si Kecil. 

Baca juga : Manfaat Minyak Almond Untuk Rambut Sehat dan Lebat

 

REFERENSI
“Traditional and Modern Uses of Natural Honey in Human Diseases: A Review.” ncbi.nlm.nih.gov.
“All About Using Honey for Hair Health and 10 Ways to Try It Today”. Healthline.com
“Manfaat Madu untuk Rambut Sehat Berkilau dan Cara Membuat Maskernya”. Sehatq.com

 

 

x

Dapatkan Produk Kami di Sini:

0 Comments

Submit a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Artikels

Ayo, Jadilah Bagian dari Sahabat Bunda Cussons!