bermain sambil belajar

Yuk Bunda! Ajak si Kecil Bermain dan Belajar Sambil Mengenal Fauna

Posted in 12+ Bulan, Anak, Balita

Bermain sambil belajar sangat penting untuk si Kecil. Ketika liburan panjang telah datang, mengajak si Kecil untuk berwisata sangatlah perlu dilakukan. Sebab, waktu belajarnya setiap hari pasti membuatnya menginginkan refreshing untuk mengistirahatkan otak dan pikirannya. Salah satu tujuan wisata anak yang tetap bisa dimanfaatkan sebagai bagian dari proses belajar adalah mengunjungi kebun binatang. Anak-anak sangat menyukai petualangan, terutama aktivitas yang membuatnya tidak berhenti tercengang. Kebun binatang adalah salah satu tempat yang penuh dengan berbagai macam hewan yang bisa membuat perjalanan Si Kecil tidak terlupakan.

 

bermain sambil belajar

Yuk Bunda! Bermain sambil belajar dengan si Kecil

 

Cindy Wallace, manajer pendidikan di San Diego Wild Animal Park, Amerika Serikat, menyebutkan, selain mengajak Si Kecil melihat beragam hewan yang ada, Bunda juga dapat sekaligus mengajaknya belajar. Tantang ia untuk menebak warna bulu, bunyi suara, atau bentuk setiap hewan.

 

Bermain sambil belajar dengan mengenal fauna baik untuk si Kecil. Dilansir melalui Babycenter, sebaiknya pergilah mengunjungi kebun binatang di pagi hari. Udara yang masih sejuk membuat para hewan lebih aktif dan sering bergerak. Sementara di siang hari, hewan cenderung bersembunyi menghindari sinar matahari serta bermalas-malasan.

Berikut, adalah manfaat berwisata ke kebun binatang bagi anak secara lengkap.

  1. Si Kecil bisa mengetahui lebih banyak jenis hewan yang ada di Indonesia dengan mengunjungi kebun binatang.
  2. Teori-teori yang ia pelajari di sekolah mengenai macam-macam hewan berdasarkan ciri-ciri fisiknya tidak hanya bisa dibayangkan di kepala, tetapi bisa langsung dilihat. Bahkan, terkadang ada manfaat berwisata ke kebun binatang bagi si Kecil yang tidak terduga, seperti menemukan ciri atau perilaku unik dari hewan yang tidak pernah dijelaskan atau dia dapatkan di sekolah. Sebab, kadang perhatian anak memang lebih detail dari pada orang dewasa, mengingat mereka memiliki daya imajinasi yang tinggi.
  3. Mengenal kehidupan liar secara langsung. Hanya di kebun binatang si Kecil bisa bertemu harimau dan singa dengan aman. Dia juga bisa dengan bebas mengamati beragam ular berbisa atau hewan-hewan lainnya yang semula hanya bisa dilihat di buku atau televisi. Di sini juga dia bisa melihat beragam hewan dari luar negeri, seperti jerapah dan zebra Afrika atau panda Cina dan harimau India.
  4. Belajar sambil bermain. Bunda tidak perlu lagi menjelaskan secara detail bagaimana hewan hidup di habitatnya karena si Kecil sudah bisa melihat langsung. Misalkan buaya yang hidup di sungai atau rawa dan beragam burung di pepohonan. Dia juga bisa melihat bagaimana hewan-hewan itu makan.
  5. Mengatasi ketakutan anak. Bunda pasti memiliki ketakutan terhadap hewan-hewan tertentu. Usahakan untuk tidak menunjukkan ketakutan itu di depan Si Kecil agar ia pun tidak merasakan ketakutan. Selain itu, bila ia memiliki ketakutan terhadap hewan tertentu, tugas Bunda untuk mengenalkan kelebihan dari hewan tersebut supaya ketakutannya sedikit berkurang. Tetapi, sebelum Bunda mengunjungi kandang hewan yang ditakuti si Kecil, beri tahu terlebih dahulu dan tanyakan keinginannya, apakah ia tidak mau ke sana atau mau melihat hanya dari kejauhan saja.
  6. Manfaat berwisata ke kebun binatang bagi anak lainnya adalah si Kecil bisa melakukan cross check dan menyingkronkan pengetahuan yang ia dapat dari sekolah dengan melihat langsung apa yang sebenarnya. Sebab, daya imajinasi anak yang tinggi dapat membuat mereka memiliki gambaran bentuk tubuh hewan yang tidak sesuai dengan deskripsi sebenarnya yang diberikan. Anak juga lebih bisa membedakan mana jenis hewan yang asli dan mana jenis hewan yang hanya ada di film-film saat berwisata ke kebun binatang.

 

Sangat menyenangkan untuk dapat bermain sambil belajar bersama si Kecil. Itulah berbagai manfaat mengajak si Kecil berwisata ke kebun binatang. Sembari menyusuri kebun binatang dari satu hewan ke hewan lainnya, ada baiknya Bunda juga memberikan pemahaman tentang perbedaan hewan yang masih ada di sini dengan hewan-hewan yang memang betul ada namun sekarang tidak bisa lagi dilihat karena sudah punah. Kampanye lestarikan binatang langka dan sejenisnya mungkin kurang menarik perhatian si kecil. Tetapi saat ia melihat langsung seekor binatang langka, Bunda bisa menjelaskan bagaimana cara merawat hewan serta macam-macam perilaku yang benar untuk mencegah terjadinya kepunahan hewan.  dan membuat ia lebih peduli. Dengan begitu, psikologi anak akan berkembang dan menanamkan peringatan untuk selalu menyayangi hewan dan bisa hidup berdampingan dengan baik.

 

Baca Juga : 5 Permainan Asah Otak Untuk si Kecil

Setelah berkunjung ke kebun binatang, pastikan Bunda membersihkan tubuh si Kecil dengan Cussons Kids karena tidak menutup kemungkinan ada banyak kuman yang menempel di tubuhnya. Dengan menjaga kebersihan tubuh si Kecil, sama dengan Bunda mendukungnya untuk selalu sehat dan bersemangat setiap harinya.

Related Posts

Tags: , , , , , , , , ,

Subscribe

If you enjoyed this article, subscribe now to receive more just like it.

Subscribe via RSS Feed

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Top