permainan asah otak

5 Ide Permainan Asah Otak Untuk si Kecil

Posted in 12+ Bulan, Anak, Balita

Permainan asah otak dapat meningkatkan kemampuan otak anak. Enam tahun pertama dalam kehidupan adalah masa paling penting untuk perkembangan otak anak. Dengan mengetahui tahap-tahap perkembangannya, kita dapat memaksimalkan kecerdasannya. Namun, jika membicarakan perkembangan otak anak, ada aspek lain yang juga perlu diperhatikan selain kecerdasan dan pengetahuan.

 

permainan asah otak

5 Ide Permainan Asah Otak Untuk si Kecil

 

5 Jenis Permainan Asah Otak Untuk si Kecil

Permainan asah otak dapat meningkatkan kemampuan anak. Seperti dikutip Todays Parent, empat aspek yang perlu diperhatikan adalah: kemampuan anak memperhatikan atau berkonsentrasi, pengendalian impuls, daya ingat serta kemampuan perencanaan anak. Keempat aspek tersebut dapat dilatih dengan melakukan berbagai kegiatan di rumah bersama Bunda. Kegiatan berikut ini tidak hanya melatih otak anak, tapi juga mempererat hubungan Bunda dengan si Kecil.

 

  1. Menggambar dan Mewarnai
    Saat menggambar dan mewarnai, anak-anak diharuskan untuk berkonsentrasi. Anak-anak pun melibatkan semua anggota tubuh, pikiran serta perasaan mereka secara bersamaan sehingga membuat mereka memahami bagaimana menggunakan kekuatan otak mereka saat melakukan aktivitas ini.
  2. Apa ini? Apa itu?
    Coba isi sebuah kantung kain dengan beberapa jenis mainan. Bunda dapat memberikan tema dari mainan tersebut, misalnya hewan, alat transportasi, dan sebagainya. Lalu tantang si Kecil untuk menebak beberapa mainan di dalam kantung dengan cara merabanya. Bunda bisa membiarkan si Kecil merabanya dari luar kantung ataupun dari dalam dan menyuruhnya untuk menutup mata. Permainan ini membutuhkan daya ingat serta kemampuan anak untuk menghubungkan informasi sensor dengan pengetahuannya terhadap bentuk tersebut.
  3. Bermain Detektif
    Perkenalkan si Kecil kepada sebuah benda, lalu sembunyikan benda tersebut. Tantang ia untuk menemukkannya dengan memberikan beberapa petunjuk yang membawanya lebih dekat kepada benda tersebut. Permainan interaktif ini sangat membantu anak dalam mengasah kemampuan perencanaannya. Si Kecil harus menghubungkan petunjuk verbal dengan hal-hal yang ia lihat di sekitarnya, serta menyesuaikan rencana mereka dengan bertambahnya informasi yang ia dapat.
  4. Puzzle
    Permainan menarik lainnya yang bisa membantu meningkatkan kecerdasan otak anak adalah puzzle. Puzzle merupakan jenis permainan yang menggabungkan berbagai bagian berupa kepingan puzzle sampai benar-benar membentuk sebuah gambar tertentu. Puzzle juga terdiri dari beberapa tingkatan mulai dari mudah, sedang, dan rumit. Untuk anak-anak, Bunda bisa memberikan puzzle dengan tingkatan yang mudah. Jika mereka sudah mulai bisa menguasai puzzle yang mudah, tingkat kesulitannya bisa Bunda tambahkan menjadi yang sedang. Begitu selanjutnya sampai si Kecil mulai terbiasa dan menyenangi permainan ini. Manfaat dari permainan puzzle untuk anak di antaranya melatih kesabaran, meningkatkan daya nalar, dan melatih kreativitas anak. Dengan memberikan permainan ini, si Kecil juga jadi terlatih untuk bisa menyelesaikan masalah satu per satu dengan sabar sampai masalah tersebut benar-benar selesai. Anak juga dibiasakan untuk tidak terburu-buru dalam mengambil keputusan dan lebih teliti.
  5. Lego
    Permainan menyusun potongan-potongan kecil bernama lego ini sangat membantu daya kreativitas anak. Selain menyenangkan, permainan ini juga kaya akan warna yang efektif untuk meningkatkan kecerdasan otak anak. Permainan ini mendorong si Kecil untuk mewujudkan berbagai jenis bentuk seperti yang terdapat dalam bayangannya. Anak juga bisa dilatih untuk membentuk sesuatu berdasarkan petunjuk yang diberikan. Permainan lego bisa menjadi awal bagi anak untuk tertarik dengan hal-hal yang berhubungan dengan desain bangunan atau desain kota. Tidak menutup kemungkinan, jika anak yang terbiasa bermain lego di masa kecilnya mulai tertarik untuk belajar tentang ilmu arsitektur yang memang berhubungan dengan tata kota atau perencanaan bangunan.

 

Baca Juga : 3 Cara Merawat Gigi

Itulah beberapa permainan asah otak yang dapat membantu Bunda melatih otak si Kecil. Untuk mendukung perkembangannya, jangan lupa juga untuk selalu menjaga kebersihan si Kecil bersama Cussons Kids agar ia tumbuh sehat dan semakin pintar.

Related Posts

Tags: , , , , , ,

Subscribe

If you enjoyed this article, subscribe now to receive more just like it.

Subscribe via RSS Feed

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Top