10 Cara Menebalkan Rambut Bayi dengan Cepat dan Sehat - Cussons Baby Indonesia

10 Cara Menebalkan Rambut Bayi dengan Cepat dan Sehat

Banyak orang tua mempercayai mencukur habis rambut bayi, akan membuat rambut bayi menjadi sangat tebal dan hitam saat tumbuh. Tetapi ada juga, rambut bayi yang di cukur habis, dan ketika tumbuh akan tetap tipis seperti aslinya. Lalu bagaimana cara menebalkan rambut bayi biar bisa terlihat lebat dan sehat? Simak artikel ini yah!

 

Cara menebalkan rambut bayi

rahasia menebalkan rambut bayi agar hitam dan tebal

3 Cara Menebalkan Rambut Bayi

Merawat rambut bayi, tidak sama dengan merawat rambut orang dewasa pada umumnya, karena orang dewasa mempunyai kulit kepala yang lebih kuat. Berbeda dengan bayi yang mempunyai kulit kepala yang masih rentan untuk hal apapun. Sehingga, untuk merawat rambut bayi agar selalu sehat, hitam, dan juga lebat, membutuhkan perawatan tersendiri. Cara menebalkan rambut bayi juga berbeda dengan cara menebalkan rambut orang dewasa. Dibawah ini akan dijelaskan tentang hal tersebut.

1. Asupan

Cara menebalkan rambut bayi yang pertama ialah, Bayi harus mengkonsumsi ASI, maka asupan yang Bunda konsumsi harus bergizi dan juga sehat, mengandung serat, vitamin, dan juga zat besi untuk kesehatan rambut bayi. Jika bayi Bunda sudah mendapatkan MPASI, makanan yang bayi konsumsi harus lebih sehat, dan juga bergizi. Konsumsi makanan yang banyak mengandung gizi untuk rambut bayi. Faktor makanan inilah yang berpengaruh pada kesehatan rambut bayi Bunda.

2. Perawatan rambut

Ketika memandikan bayi, gunakan minyak kemiri pada rambutnya. Bunda bisa mencoba gunakan Cussons Baby Candlenut Hair Oil yang sudah diolah dari minyak kemiri sehingga lebih praktis dan sangat cocok untuk bayi Bunda. Tuangkan secukupnya, lalu oleskan pada rambut bayi dengan memijat-mijat perlahan, agar minyak kemiri merata ke seluruh rambutnya, lalu diamkan selama 30 menit. Setelah itu, gunakan shampo yang mengandung kemiri dan juga seledri.

Candle Nut & Celery Baby Shampoo mengandung kemiri dan seledri ini berfungsi untuk menghitamkan dan juga menebalkan rambut bayi Bunda, serta menjaganya agar tetap sehat dan kuat. Formulanya lembut, tidak pedih di mata, dan mempunyai pH seimbang. Tuangkan secukupnya ke tangan Bunda, lalu usapkan dengan lembut pada kepala bayi, kemudian bilas dengan air. Setelah selesai memandikan bayi, keringkan kepalanya lalu gunakan Hair Lotion Candle Nut & Celery.

Lotion ini mengandung kemiri dan juga seledri dengan pH yang seimbang. Ini berfungsi sebagai lotion untuk menyehatkan, menghitamkan, dan juga menebalkan rambut bayi. Selain itu aroma wewangian alaminya menjadikan rambut bayi Bunda harum sepanjang hari. Cara menggunakan Hair Lotion Candle Nut & Celery ini adalah dengan memijat lembut rambut dan kulit kepala bayi setelah keramas.

3. Potong rambut

Sebagian Bunda percaya, ketika rambut bayi dipotong habis, maka akan tumbuh kembali menjadi lebat nantinya. Cara menebalkan rambut bayi yang terakhir ini didukung dengan adanya tradisi-tradisi upacara adat yang memotong rambut bayi sampai habis dengan alasan agar rambut bayi bisa tumbuh lebih bagus, dan juga tebal. Anggapan seperti ini, tidak selamanya benar. Faktor keturunanlah yang menentukan apakah rambut bayi tebal atau pun tipis. Setelah faktor keturunan, adanya hormon androgen yang begitu kuat, menjadi faktor bayi Bunda terlahir dengan rambut yang lebih tebal. Kegiatan potong rambut ini adalah lebih kepada untuk mendapatkan kulit kepala yang lebih bersih dari kotoran, dan juga kerak yang menempel pada kulit kepala bayi.

4. Pijat Kulit Kepala

Melakukan pijatan lembut pada kulit kepala bayi dapat meningkatkan sirkulasi darah dan merangsang pertumbuhan rambut. Gunakan gerakan melingkar dengan ujung jari dan pastikan untuk melakukannya secara perlahan dan lembut.

5. Hindari Penggunaan Produk Kimia

Hindari penggunaan produk rambut yang mengandung bahan kimia keras karena dapat merusak rambut halus bayi. Pilih produk yang alami dan khusus dirancang untuk bayi.

6. Jaga Kebersihan Rambut dan Kulit Kepala

Mencuci rambut bayi secara teratur dengan shampo yang lembut dapat membantu menghilangkan kotoran dan residu yang dapat menghambat pertumbuhan rambut. Pastikan untuk tidak mencuci rambut bayi terlalu sering karena dapat menghilangkan minyak alami yang melindungi rambut dan kulit kepala.

7. Gunakan Sisir Lembut

Menggunakan sikat dengan bulu lembut dapat membantu merangsang kulit kepala dan menghilangkan ketombe yang mungkin ada. Sikatlah rambut bayi dengan lembut dan secara teratur untuk mendorong pertumbuhan rambut.

8. Keseimbangan Hormonal

Pertumbuhan rambut juga bisa dipengaruhi oleh keseimbangan hormonal dalam tubuh bayi. Walaupun ini lebih banyak berada di luar kontrol, memastikan bahwa bayi memiliki kesehatan yang baik dapat mendukung keseimbangan hormonal yang optimal.

9. Nutrisi Dari Luar

Selain nutrisi dari makanan, penggunaan produk rambut yang mengandung bahan-bahan alami seperti lidah buaya atau minyak kelapa dapat membantu menutrisi rambut bayi dari luar, memberikan kelembapan dan meningkatkan kekuatan rambut.

10. Atur Rutinitas Tidur Bayi

Memastikan bayi mendapatkan tidur yang cukup dan berkualitas dapat berdampak positif pada kesehatan umumnya, termasuk kesehatan rambut. Tidur memungkinkan tubuh untuk memperbaiki sel dan merangsang pertumbuhan rambut. Usahakan agar bayi memiliki rutinitas tidur yang teratur dan nyaman, yang mendukung siklus pertumbuhan rambut yang sehat.

Baca juga : Cara mengatasi kerak kepala bayi

Demikianlah tips dan trik tentang cara menebalkan rambut bayi. Dengan mengonsumsi makanan-makanan yang bergizi, sehat, dan bervitamin, ditambah dengan melakukan perawatan rambut yang rutin, rambut bayi Bunda akan tumbuh dengan sehat, hitam dan juga lebat.

Konten Terkait

x

Dapatkan Produk Kami di Sini: