10 cara agar Bunda bisa beristirahat

Jam tidur bayi tidak seperti orang dewasa – itulah mengapa bunda baru membutuhkan energi yang lebih besar. Berikut adalah beberapa saran dan cara untuk bunda agar mendapatkan tidur yang lebih banyak atau normal.

 

10 cara agar bunda bisa beristirahat

Jam tidur bayi tidak seperti orang dewasa – itulah mengapa bunda baru membutuhkan energi yang lebih besar. Berikut adalah beberapa saran dan cara untuk bunda agar mendapatkan tidur yang lebih banyak atau normal.

 

  1. Tidur siang selama 20-30 menit

Tetapi jangan tidur melewati waktu tersebut. Tidur siang yang singkat atau sebentar, akan menyebabkan sleep inersia kurang tidur, yang bisa menyebabkan grogi dan bingung. Tidur terlalu lama juga menciptakan siklus tidur yang baru dan bisa menyebabkan Bunda tidak dapat tidur di malam hari.

 

  1. Lakukan olahraga ringan

Melakukan olahraga lebih mudah dikatakan daripada dilakukan. Tetapi pergi keluar rumah mencari udara segar dengan si bayi dan dan berolahraga dapat membantu Bunda untuk tidur lebih nyenyak tetapi pastikan berolahragalah 3 jam sebelum tidur jika tidak akan sulit untuk Bunda untuk tidur.

 

  1. Matikan monitor bayi

Bayi adalah penidur sejati, sedikit mendengus dan menghela nafas merupakan bagian dari pola tidur bayi. Terbangun disetiap rengekan bayi tidak perlu karena bayi akan baik-baik saja. Sebaliknya, cobalah  bangun hanya ketika diperlukan dan ketika si bayi benar-benar membutuhkan pertolongan.

 

  1. Pompa ASI sebelum tidur

Pompalah ASI sebelum tidur, sehingga Bunda dan ayah bisa bergiliran untuk menyusui atau memberikan susu kepada bayi pada malam hari. Bunda juga dapat membuat jadwal gilir dengan pasangan, jika salah satu yang bertugas memberikan susu untuk si bayi, pasangan bisa tidur di malam hari mungkin bisa di kamar yang terpisah.

 

  1. Hindari kafein dan alkohol

Jauhkanlah apapun yang mengandung kafein dan alkohol, terutama pada waktu sore hari dan malam hari. Hal ini sangat membuat kesulitan tidur dan mengurangi kualitas tidur. Dan ingat kafein juga terdapat pada makanan yang tidak terduga seperti coklat.

 

  1. Jaga kamar tidur tetap sejuk dan tenang

Jauhkanlah Televisi dan teknologi lainnya, seperti ponsel dan laptop, ada di kamar tidur. Simpanlah semuanya, karena ini adalah tempat untuk tidur dan bersantai dengan pasanganmu. Tidak perlu adanya kebisingan dan juga cahaya yang berlebihan, Semakin dingin ruangan semakin nyenyak tidur Bunda, Jadi jagalah suhu ruangan tetap rendah dan nyaman.

 

  1. Makan sedikit dan lebih sering

Ngemil, sering makan juga akan membuatmu berenergi, tetapi juga akan membuat Bunda untuk tertidur dengan nyaman sehabis makan. Sebelum tidur makanlah makanan yang tinggi karbohidrat seperti nasi, roti atau pisang. Ini akan membantu Bunda untuk tertidur lebih baik. Dan hindarilah makanan pedas, ini akan membuat Bunda susah tidur, terutama pada malam hari.

 

  1. Cobalah menyediakan ayunan tidur

Tempatkan ayunan ini di samping tempat tidurmu, ketika si bayi merengek dan menangis, Bunda dapat menggoyangkan ayunan tidur dengan lembut menidurkan bayi kembali tidur tanpa harus bangun dari tempat tidur.

 

  1. Tidurlah di tempat tidur sendiri

Tertidur di sofa atau di kamar bayi sangat memungkinkan,Tetapi Bunda harus tertidur di tempat tidur Bunda sendiri jika tubuh sangat lelah, jagalah rutinitasmu. Mandi sebelum tidur juga bisa membantu Bunda untuk menenangkan diri sebelum beristirahat.

 

  1. Jangan memaksakan diri untuk tidur

Jika tidak bisa tidur, lakukanlah sesuatu yang bisa membuatmu santai selama 30 menit. Jika Bunda resah dan gelisah Lepaskanlah pikiran-pikiran yang menggangu, dengan cara menuliskan apa yang membuat Bunda tidak dapat tidur, Pikiran Bunda akan tenang jika Bunda akan ingat apa yang harus dilakukan di pagi hari.

 

 

Related Posts

Subscribe

If you enjoyed this article, subscribe now to receive more just like it.

Subscribe via RSS Feed

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Top