Masa Kehamilan Bunda di Bulan Pertama

Selamat untuk kehamilannya, Bunda! Yuk, lihat apa saja perubahan yang terjadi pada diri Bunda selama beberapa minggu ke depan. Kebanyakan kita berpikir masa kehamilan berlangsung selama 9 bulan, namun ternyata usianya sebenarnya 40 minggu, Bun. Terhitung sejak bulan terakhir Bunda mengalami menstruasi, itu adalah awal kehamilan Bunda yang Bunda sudah dapat diprediksikan. Nah, masa kehamilan dibagi menjadi 3 tri semester, masing-masing tri semester lamanya tiga bulan. Apa sih yang terjadi pada perut Bunda di bulan pertama? Ini dia bahasannya.

Masa Perkembangan Buah Hati

Pada 4 minggu pertama, telur yang menempel pada saluran uterus Bunda mulai berkembang, membentuk mata dan wajah pada embrio, walaupun belum menyerupai tubuh bayi. Plasenta yang berfungsi membawa nutrisi untuk si kecil dan kantung ketuban yang membantu melindungi si kecil mulai terbentuk. Pada minggu ke-5 hingga ke-7, keajaiban pertama terjadi. Tali pusar yang menghubungkan antara darah Bunda dan si kecil pun mulai terbentuk. Organ tubuh si kecil yang juga mulai berkembang adalah:

  • Sistem Peredaran Darah
  • Jantung
  • Saraf Tulang Belakang
  • Organ Dalam
  • Otak

Embrio berkembang dari hari ke hari terutama pada kaki dan tangannya walau ukurannya masih sangat kecil—berkisar pada setengah inci saja.

Yang Bunda Rasakan Bulan Ini

Apa saja ya yang terjadi pada tubuh Bunda di bulan pertama masa kehamilan? Permulaan kehamilan adalah sebuah konsep. Pada 14 hari pertama semenjak masa menstruasi Bunda dimulai, telur mulai berjalan ke saluran fallopi. Bila telur difertilisasi, sel-sel yang terbentuk ketika telur bertemu dengan sperma mulai berlipat ganda. Pada beberapa minggu berikutnya, si kecil mulai berkembang. Walaupun terjadi begitu banyak hal pada beberapa hari pertama, tubuh Bunda tidak terlihat jauh berbeda dari luar. Di bulan pertama, Bunda bisa mengalami kenaikan berat badan, atau malah berkurang karena hilang nafsu makan dan kurang enak badan. Bila saat seperti ini tiba, Bunda dapat mengambil tes kehamilan. Tanda pertama yang menyadarkan Bunda kalau Bunda sedang hamil biasanya telat datang bulan atau nyeri dada yang Bunda rasakan.

Lihat disini apa yang terjadi memasuki bulan ke-2 masa kehamilan Bunda

Bunda Tahu, Tidak?

Beberapa wanita mengalami sedikit pendarahan pada masa hamil mudanya. Bila hal ini terjadi, jangan sungkan untuk memberitahu dokter kandungan Bunda agar mendapat saran dan penanganan secepatnya.

Apa Yang Ayah Bisa Bantu?

Halo Ayah! Ketika istri sedang menyandang status Mom-to-be, bisa jadi ia menjadi lebih cepat lelah dan kurang enak badan. Pada bulan pertama masa kehamilannya, yuk bantu Bunda mendapatkan istirahat cukup dan makanan bergizi untuk menjaga kondisi tubuhnya tidak drop.

Related Posts

Subscribe

If you enjoyed this article, subscribe now to receive more just like it.

Subscribe via RSS Feed

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Top