pregnancy-month-2

Masa Kehamilan Bunda di Bulan Ke Dua

Kini, Bunda telah memasuki tri semester pertama. Pada akhir tahap ini, si kecil dipastikan telah terbentuk dengan sempurna. Orang-orang di sekitar Bunda mungkin tidak memperhatikan perubahan yang terjadi pada bentuk tubuh Bunda sekarang, namun pada minggu ke-12, kehamilan Bunda akan mulai terlihat. Di saat seperti ini, para calon ibunda biasanya akan menggunakannya momentum tersebut untuk memberitahukan kehamilan mereka kepada para kerabat dan sahabat-sahabatnya.

Masa Perkembangan Buah Hati

Di minggu ke-8, embrio mulai membentuk janin dibandingkan di minggu-minggu sebelumnya, ekornya pun akan menghilang, walaupun si kecil masih berukuran begitu kecil. Mulai dari bagian tubuh luar si kecil hingga ke organ dalamnya, terutama otak dan paru-parunya akan mulai berkembang. Di minggu ke-9, wajah si kecil, terutama bagian mulut dan lidahnya, juga terbentuk. Selanjutnya, di minggu ke-10, tangan, telinga dan hidung si kecil juga mulai terbentuk. Jemari dan kakinya yang semula berselaput, kini akan terpisah sedikit demi sedikit. Pada bulan ke-12, ia akan terbentuk secara sempurna dengan ukuran 5,4 sentimeter. Tulang si kecil juga mulai mengeras. Menakjubkan bukan, Bun? Pada masa ini, begitu banyak perkembangan yang terjadi. Si kecil kini mulai dapat berpindah tempat sedikit demi sedikit, walaupun Bunda belum dapat begitu merasakannya.

Yang Bunda Rasakan Bulan Ini

Kebanyakan ibunda merasa penciumannya lebih sensitif dan mudah mual mencium bau tertentu, terutama yang menyengat. Beberapa calon ibu juga merasa moody. Kantung plasenta yang membawa nutrisi untuk si kecil juga makin berkembang. Kini Bunda akan segera melewati masa tri semester pertama, yuk, lihat apa yang terjadi di bulan ke-3 kehamilan Bunda.

Bunda Tahu, Tidak?

Jantung si kecil terbentuk dengan sempurna ketika ia memasuki minggu ke-10, detak jantungnya pun jauh lebih cepat dibandingkan denyut jantung Bunda—180 detak per menit.

Apa Yang Ayah Bisa Bantu?

Ayah, yuk lebih peka terhadap perubahan mood Bunda dan jadilah lebih sabar ketika Bunda mulai mengidam. Di waktu luang, ajak Bunda untuk berolahraga ringan seperti berjalan-jalan atau jogging, ini akan membantu emosi Bunda lebih stabil.

Subscribe

If you enjoyed this article, subscribe now to receive more just like it.

Subscribe via RSS Feed

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Top