Perkembangan Buah Hati Bunda Menuju 6 Bulan Pertamanya

Hai Bunda, di masa ini si kecil akan mulai belajar untuk duduk sendiri. Ketika ia mencoba melakukannya, yuk kelilingi dengan bantal dan tetap awasi si kecil jatuh rebahan. Tidak semua bayi mampu duduk sendiri pada tahap ini, beberapa yang lain mungkin lebih tertarik untuk merangkak.

Si kecil juga pasti senang ketika Bunda memegang kedua tangannya sambil mengajarinya belajar berjalan! Hal ini akan membantu memperkuat otot-otot kaki si kecil. Ketika si kecil belajar berguling, kemampuan motoriknyapun ikut berkembang. Ia mungkin akan kagum sendiri, Bun, ketika berhasil melakukannya. Beberapa bayi yang lain akan berguling lagi dan lagi untuk sampai ke tempat yang mereka inginkan.

Bunda mungkin akan melihat tanda-tanda si kecil ingin belajar merangkak dari cara si kecil menggerakan perut, kaki dan tangannya. Si kecil juga akan lebih sering menggenggam mainannya lalu melemparkannya. Ia juga akan lebih sering bergumam dan belajar membuat suara-suara baru, lho.

Si kecil kini bisa tertidur selama 6-8 jam berturut-turut di malam hari, namun masih membutuhkan tidur siangnya. Berhubung dunianya semakin menarik, pasti si kecil akan sedikit sulit untuk diajak tidur. Untuk membiasakan si kecil tidur sendiri, Bunda bisa meletakkannya dalam baby box nya walaupun dia tidak tertidur. Si kecil mungkin akan sering bergerak kesana-kemari ketika ia tertidur, sebaiknya Bunda tetap menjaga posisi tidurnya terlentang.

Banyak buah hati yang mulai dapat mencerna makanan padat memasuki usia 6 bulan. Yuk mulai kenalkan si kecil dengan makanan baru, jadi Bunda bisa mengecek apakah si kecil memiliki alergi. Ingat juga ya, Bun, si kecil masih membutuhkan banyak ASI.

Nah, ketika si kecil mulai belajar berguling, pastikan si kecil terjaga oleh sekat-sekat di sekeliling tempat tidurnya atau di tempat lain. Karena si kecil akan lebih sering memasukan berbagai benda ke dalam perutnya, pastikan ia jauh dari barang-barang berbahaya, kecil dan tajam agar si kecil tidak tersedak atau terluka. Pastikan si kecil merasa aman ketika berjumpa dengan orang-orang baru juga ya, Bun.

Si kecil mungkin akan mulai berteriak ketika Bunda melewatinya. Ingat untuk memberikan apresiasi kepadanya bila ia menunjukan perilaku yang baik agar si kecil mulai belajar membedakan sikap yang baik dan buruk.

Bermain dengan si kecil:

  1. Letakan mainan si kecil agak jauh dari jangakauannya agar ia mulai belajar merangkak.
  2. Biarkan si kecil mulai melihat bayangan dirinya di cermin.
  3. Goyangkan mainan kerincingan di sebelah kepalanya agar si kecil menoleh dan mengambil mainan itu.
  4. Sentuh hidungnya lalu hidung Bunda, kemudian sentuh bibirnya lalu bibir Bunda dan seterusnya.

Tips Bulan Ini:

Memasuki bulan ke-enam ini, Bunda tidak akan selelah beberapa bulan sebelumnya dan dapat tidur malam lebih lama. Sambil melihat si kecil belajar tertawa, pasti Bunda juga menikmati kelucuan-kelucuannya – jadi biarkan si kecil menikmati masa ini.

Fakta Seputar Si Kecil

Pupil yang berwarna terang bisa mengalami beberapa perubahan warna pada bulan-bulan pertamanya namun ketika ia telah menginjak bulan ke-6, warna pupil mata si kecil akan memiliki warna yang tetap.

Apa Yang Ayah Bisa Bantu?

Now your baby is starting on solids you can help more easily with feeding. It's an interesting time as your baby discovers new tastes. Kini, si kecil mulai dapat makan makanan yang cukup padat, berarti ayah bisa lebih mudah membantu memberi makan si kecil! Perhatikan apakah si kecil menyukai rasa baru yang ia cerna ya, Ayah.

Bunda punya cerita lucu mengenai pengalaman pertama si kecil makan? Share dikolom komentar di bawah ini, yuk

Klik Disini Untuk Perkembangan Buah Hati Di Bulan ke-7

Related Posts

Subscribe

If you enjoyed this article, subscribe now to receive more just like it.

Subscribe via RSS Feed

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 Comment

Trackback URL Comments RSS Feed

  1. Indah says:

    Menakjubkan… bunda harus jaga stamina.. kerjasama yg baik bersama ayah… menyenangkan.. gak sabar membuatkan baby_Io makanan pertamanya…

Top