baby-development-month-7

Menikmati Masa Aktif Buah Hati Bunda di Bulan ke-7

Nah Bunda, di bulan ke tujuh ini, perasaan Bunda biasanya menjadi tak menentu menghadapi si kecil yang belum bisa begitu bebas bergerak dengan lancar namun begitu bersemangat menemukan hal-hal baru disekitarnya. Di bulan ini, si kecil akan mulai mengetahui apa yang ia inginkan namun belum memiliki kemampuan motorik yang cukup baik---ketangkasan dan mobilitas—untuk meraihnya. Hal ini pastinya membuat si kecil kesal dan ia akan dengan jelas memperlihatkannya ke Bunda.

Di sisi lain, walaupun si kecil masih belum begitu lancar merangkak, namun ia akan mulai dapat mengatur posisi duduknya dengan baik. Sebagian bayi punya tangan lebih kuat dibandingkan dengan kakinya, mereka akan lebih mudah bergerak mundur dibandingkan maju, Bun. Bayi yang lain biasanya akan merangkak dengan mencoba menggerakkan perut dibandingkan dengan kaki mereka. Selebihnya, bayi yang lainnya akan lebih memilih menikmati bagaimana dunia berjalan sambil bercakap-cakap dengan Bunda. Si kecil juga mulai dapat duduk tanpa banyak bantuan, namun sebaiknya Bunda tetap berhati-hati untuk tetap mengawasi si kecil karena keseimbangannya belum sepenuhnya sempurna.

Di bulan ketujuhnya, si kecil mulai mengerti tentang keberadaan benda seperti ketika Bunda menyembunyikan mainannya dari hadapannya, ia akan tahu bahwa mainan itu ada pada Bunda! Si kecil juga mulai bisa melambaikan tanganya untuk mengucapkan salam perpisahan. Baginya, dunia merupakan sebuah objek yang begitu menyenangkan! Ia akan sering merasa kesal ketika Bunda meletakkannya di tempat tidurnya, jadi sebaiknya Bunda menenangkan si kecil dengan suara halus agar ia mulai mandiri untuk bisa beristirahat sendiri. Para bayi yang tidak tidur siang akan beristirahat lebih lama di malam hari, apalagi kalau mereka sudah mulai dapat mencerna makanan padat.

Si kecil akan mulai belajar mencerna beberapa jenis makanan padat dan menikmati berbagai citarasa dan tekstur makanan di dalam mulutnya. Sebaiknya tawarkan satu atau dua jenis makanan beberapa kali untuk membuat si kecil terbiasa dengan rasa makanan tersebut ya, dan bersabarlah. Si kecil juga kemungkinan mulai dapat mengangkat gelas bergagangnya sendiri loh, Bun! Namun, bila ia terlihat kesulitan, jangan lupa untuk tetap membantunya ya, Bun. Hal yang kini tak kalah penting adalah si kecil yang mulai rewel ketika bunda tidak berada di dekatnya. Bila Bunda hendak meninggalkannya, sampaikan salam perpisahan dengan singkat dan biarkan babysitter mengecohkan fokus si kecil dengan mengajaknya bermain agar ia tidak menangis. Jangan terlalu khawatir ya, Bunda.

Di sisi lain, si kecil belum sepenuhnya mengerti tentang dirinya dan benda apa yang berbahaya baginya, jadi pastikan untuk tetap menjauhkan barang-barang berbahaya dari mulutnya ya, Bun –seperti telepon genggam Bunda. Bila Bunda ingin mengajaknya bermain, coba sembunyikan mainannya di dalam selimut! Lihat bila si kecil berhasil menemukannya atau tidak. Si kecil juga kini mulai dapat membedakan ukuran benda, Bun, jadi permainan menyusun balok bisa jadi pilihan yang menyenangkan!

Tips Bulan Ini

Bulan ini, para Bunda mungkin akan cemas melihat si kecil yang mulai rewel ketika hendak ditinggal pergi ke ruangan lain, atau bisa jadi semakin senang karena sebagian bunda merasa begitu berarti bagi si kecil. Apapun yang Bunda rasakan, tetap didik si kecil untuk tidak terlalu rewel menghadapi situasi seperti ini ya. Salah satu tips bulan ini untuk para Bunda untuk membantu mengontrol kerewelan si kecil adalah dengan memberikan mainan favoritnya dan mengajak si kecil berbicara dengan nada yang lembut! Yuk Bun, dicoba.

Fakta Seputar Si Kecil

Di bulan ini, gigi pertama si kecil mulai tumbuh, lho Bun! Gigi seri si kecil biasanya akan muncul terlebih dulu, namun jangan kuatir ya bila berjarak, karena hal ini akan menghilang dengan sendirinya seiring pertumbuhan gigi si kecil.

Apa Yang Ayah Bisa Bantu?

Lagu-lagu penuh semangat dan irama nina bobo bisa membantu mengembangkan memori si kecil lho,

Yah. Yuk, nyanyikan lagu-lagu ini sesering mungkin bersama si kecil.

Yuk Bunda, ceritakan pengalaman si kecil saat merangkak!

Klik Disini Untuk Perkembangan Buah Hati Di Bulan ke-8

Subscribe

If you enjoyed this article, subscribe now to receive more just like it.

Subscribe via RSS Feed

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

1 Comment

Trackback URL Comments RSS Feed

  1. Pada saat hamil, memang sangt bagus menjaga kesehatan ibu hamil..

Top