Buah Hati Bunda Mulai Mengerti Dunia di Bulan Ke-9

Halo Bunda sayang! Bagaimana kabar si kecil? Pada bulan ini, si kecil akan lebih aktif bergerak dengan cara apapun yang ia bisa lakukan—merangkak, menggerakan kaki atau berguling. Ia juga akan berusaha menarik badannya untuk dapat berdiri dan berpindah tempat dengan berpegangan di lemari atau meja.

Kini si kecil juga bisa bangun untuk duduk dengan bantuan otot perutnya. Seiring perkembangan kemampuannya, ia juga mulai bisa duduk dengan aman dan seimbang. Si kecil juga akan semakin pintar membaca mimik muka dan emosi Bunda, jadi selalu dukung usaha yang dilakukan si kecil dan hindari terlalu mengkhawatirkannya ya, Bun.

Seleranya juga semakin berkembang, ia mulai memiliki mainan favorit dan orang yang ia senangi , jadi ia akan melekat dengan orang atau mainan tertentu lebih lama dari yang lain, walau masih ada kemungkinan ia masih cemas menghadapi orang asing. Si kecil juga akan sadar tentang sebab dan akibat; contohnya, ketika ia mengerti pergerakan benda sebelum benda itu terjatuh atau ketika memencet mainan tertentu dapat membuat benda tersebut mengeluarkan suara. Si kecil juga kini dapat mengikuti instruksi kecil dari Bunda seperti memberikan sesuatu yang Bunda minta. Pertambahan berat badannya juga akan mulai stabil sekarang, naik sekitar 0,5 kg per bulannya.

Bila di bulan sebelumnya gigi si kecil belum tumbuh, di bulan ini semakin besar kemungkinan gigi si kecil akan tumbuh Bun, tetap bersabar ya. Selain itu, bulan kesembilan menjadi bulan yang membawa perubahan cukup besar untuk kebiasaan tidurnya. Beberapa buah hati, namun tidak semuanya, akan siap untuk tidur siang lebih jarang dibandingkan pada waktu sebelumnya. Yang lainnya akan lebih memilih untuk bermain dibandingkan menghabiskan waktu untuk tidur siang. Si kecil yang menghabiskan waktu sepanjang malam untuk beristirahat kemungkinan akan mulai berjalan. Ini adalah sebuah perubahan yang menuntut para bunda dan para ayah lebih bersabar dari biasanya.

Berhubung sekarang si kecil juga akan lebih senang mengambil makanannya sendiri, ini waktunya ia ikut makan bersama dengan seluruh keluarga! Pasti mengasyikkan deh, Bun! Yuk, mulai pikirkan jenis makanan yang bisa dimakan seluruhnya oleh si kecil dan mana yang tidak. Satu hal yang Bunda perlu perhatikan, karena kini si kecil akan mulai aktif untuk mencoba makan sendiri, maka mejanya pasti akan penuh makanan, demikian juga dengan baju dan mukanya. Jadi, Bunda harus lebih banyak bersabar dan jangan kecewa bila si kecil belum dapat melakukan hal-hal ini. Setiap anak mengalami masa tumbuh-kembang yang berbeda-beda. Selalu sediakan lap/tisu basah untuk membersihkan wajah dan tangannya menggunakan Cussons Baby Wipes. Dan tak perlu khawatir dengan noda makanan di pakaiannya, Bunda bisa gunakan Cussons Baby Stain Remover/penghilang noda khusus untuk pakaian bayi untuk mengatasinya.

Yuk, Bun, bantu si kecil untuk mulai mengerti batasan-batasan tertentu seperti sikap yang baik dan tidak baik untuk ditiru. Karena ayah juga memiliki cara yang berbeda menangani si kecil, yuk mulai berunding untuk membuat kesepakatan dalam mengurus si kecil. Ingat untuk tidak mengurangi rasa percaya diri ayah dalam mendidik dan berkomunikasi dengan si kecil ya, Bun. Ketika waktu bermain tiba, yuk beri si kecil:

  • Buku cerita bergambar – Lihat setiap gambar bersama si kecil sambil membacakan ceritanya.
  • Tantangan – letakkan mainan si kecil lebih jauh dari biasanya untuk membantu perkembangan motoriknya.
  • Mandi dengan mainan – Ini pasti akan menjadi momen yang menyenangkan untuk si kecil!

Tips Bulan Ini

Setiap orang tua pasti melakukan kesalahan dan belajar dari pengalaman tersebut, jangan terlalu memaksakan diri untuk mengatasi setiap situasi dengan sempurna ya. Bila Bunda sudah mulai kelelahan, tidak ada salahnya kok untuk meminta bantuan sang Ayah atau orang terdekat Bunda untuk menjaga si kecil.

Fakta Seputar Si Kecil

Setiap bayi tidak selalu membutuhkan sepasang sepatu ketika ia mulai dapat berjalan dengan lebih baik di tempat outdoor. Mengapa? Otot kaki si kecil akan semakin kuat dan keseimbangannya akan jauh lebih baik bila ia berjalan tanpa alas kaki, Bun. Selain itu, memakaikan sepatu di kaki si kecil malah dapat menyebabkan keram dan menghalangi perkembangan si kecil yang seharusnya.

Apa Yang Ayah Bisa Bantu?

Yuk, bermain bersama si kecil dengan pura-pura menjadi mainan favoritnya! Caranya? Ayah cukup tiduran di lantai dan biarkan si kecil bereksplorasi di badan ayah sesukanya sambil mengeluarkan suara-suara lucu. Pasti ini sangat menyenangkan!

Yuk ceritakan pengalaman Bunda bermain bersama si kecil dikolom komentar!

Klik Disini Untuk Perkembangan Buah Hati Di Bulan ke-10

Related Posts

Subscribe

If you enjoyed this article, subscribe now to receive more just like it.

Subscribe via RSS Feed

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Top