Sepuluh Mitos Seputar Kehamilan

Begitu beragamnya saran mengenai apa saja yang boleh dan tidak boleh Bunda lakukan saat sedang hamil, malah dapat membuat Bunda bingung dan serba parno. Lebih baik Bunda simak 10 mitos kehamilan yang dapat Bunda abaikan yang beredar di masyarakat luas seperti berikut ini:

Mitos Kehamilan 1: Bunda tidak boleh makan seafood ketika sedang hamil.

Mitos satu ini tentu TIDAK BENAR. Selama itu bukan ikan tenggiri, hiu, tuna, ikan todak atau ikan laut, tentu Bunda boleh saja mengonsumsi seafood. Faktanya, ikan salmon sangat dianjurkan untuk Bunda konsumsi saat sedang hamil karena kandungan omega-3 nya yang baik untuk otak si kecil seperti DHA.

Mitos Kehamilan 2: Bunda tidak boleh berhubungan seks saat sedang hamil.

Selama dokter tidak mempermasalahkan hal ini dan baik Bunda maupun Ayah nyaman untuk melakukannya saat Bunda sedang hamil,tentu tidak ada kemungkinan si kecil akan terganggu atau mengalami kecacatan apapun.

Mitos Kehamilan 3: Bunda perlu makan dalam porsi yang lebih banyak.

Bunda hanya perlu tambahan 300 kalori per hari untuk menunjang perkembangan kehamilan Bunda. Namun, bila Bunda merasa lelah, maka otomatis Bunda menginginkan makan makanan yang manis-manis atau mengemil sebagai asupan kalori tambahan. Bila Bunda merasa lapar, Bunda dapat mengkonsumsi makanan yang menyehatkan seperti sayur dan buah-buahan, daripada mengonsumsi makanan berkalori tinggi yang juga kandungannya kurang sehat, Bun.

Mitos Kehamilan 4: Bunda harus makan tiga kali sehari.

Sebenarnya, makan dalam porsi sedikit namun sering itu lebih baik untuk Bunda dan si kecil. Makan makanan dalam porsi kecil 6 kali sehari akan mengontrol gula darah Bunda tetap stabil. Hal ini akan membantu menghindari penurunan kadar gula darah yang biasanya terjadi secara tiba=tiba pada jam 3 sore yang menyebabkan Bunda merasa lemas dan pusing. Juga, apapun yang Bunda lakukan, jangan mencoba untuk berdiet ya, Bunda. Yang penting, jaga santapan bunda tetap seimbang dan sehat!

Mitos Kehamilan 5: Bunda tidak boleh mengecat rambut Bunda saat hamil.

Kandungan bahan kimia pada pewarna rambut yang terserap ke dalam kulit jumlahnya sangat sedikit kok, Bun. Jadi, tentu hal ini tidak akan berakibat terlalu buruk terhadap Bunda apalagi si kecil. Namun, bila Bunda masih khawatir, tunggu hingga masa tri semester pertama berakhir saja ya. Yang perlu Bunda perhatikan adalah rambut Bunda yang mungkin akan jadi lebih rapuh setelah mengalami pengecatan.

Mitos Kehamilan 6: Bunda tidak boleh atau pantang minum kopi.

Sejauh ini, tidak ada bukti yang aktual kok Bun, mengenai kandungan kopi yang membahayakan pertumbuhan si kecil. Namun, kafein pada kopi memang dapat menstimulasi detak jantung Bunda dan si kecil jadi lebih cepat. Jadi, cukup batasi asupan kopi yang Bunda minum hanya satu cangkir sehari ya, Bun, agar Bunda bisa beristirahat dengan tepat waktu.

Mitos Kehamilan 7: Bunda tidak dapat naik pesawat saat sudah memasuki 4 bulan terakhir masa kehamilan Bunda.

Tidak ada alasan pasti mengapa Bunda tidak boleh naik pesawat saat sedang hamil, kecuali pesawat penerbangan Bunda punya alasan khusus untuk memberlakukannya. Hal ini tidak akan membahayakan Bunda dan si kecil kok selama Bunda merasa fit. Bunda juga tidak perlu khawatir terhadap pengaruh bodyscanner, karena ini juga aman kok untuk Bunda dan si kecil di dalam kandungan.

Mitos Kehamilan 8: Bunda tidak boleh berolahraga.

Sebenarnya, mitos kebalikannya yang benar Bunda. Bunda boleh berolahraga. Mengapa? Berolahraga saat hamil itu menguntungkan lho, Bun, baik untuk Bunda maupun si kecil. Bunda yang aktif berolahraga saat sedang hamil akan melahirkan dengan kondisi denyut jantung yang stabil dan lebih bervariasi, dimana hal ini adalah tanda dari jantung yang sehat. Otot Bunda juga lebih kuat untuk mendukung proses melahirkan yang cepat.

Mitos Kehamilan 9: Bunda hanya merasa mual di pagi hari.

Sayangnya, penjelasan mengenai mual yang Bunda rasakan sebagai “morning sickness” itu salah, Bun. Saat Bunda sedang hamil, Bunda bisa merasa mual kapan saja. Sebaiknya, konsumsi makanan dalam porsi kecil setiap hari untuk mengurangi rasa mual yang Bunda rasakan.

Mitos Kehamilan 10: Si kecil tidak akan terpengaruh oleh situasi apapun yang terjadi di sekitarnya.

Tidak benar. Udara yang Bunda hirup, suara bising yang Bunda dengar dan kondisi stres yang Bunda rasakan, semuanya dapat mempengaruhi si kecil. Tapi, jangan khawatir ya Bunda. Merasa stress tidak akan menyakiti atau membahayakan si kecil, malah sedikit stres itu baik untuk Bunda dan si kecil! Namun, udara berasap dan berpolusi di lingkungan Bunda tentu baru berbahaya dan patut dihindari.

Fakta Seputar Kehamilan

Bunda sebaiknya tidak berendam atau mandi air panas ya. Mengapa? Ini dapat mengganggu suhu si kecil dalam kandungan Bunda, lho. Yuk, hindari hal apapun yang dapat menaikan suhu tubuh Bunda lebih dari 102⁰ C.

Related Posts

Subscribe

If you enjoyed this article, subscribe now to receive more just like it.

Subscribe via RSS Feed

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Top