baby-airplane

12 Tips Naik Pesawat Bersama Balita

Hai Bunda, tak sedikit orang tua yang bingung saat mengajak balita untuk berpergian dengan pesawat. Karena balita yang sedang aktif tak mau tenang selama dalam perjalanan. Belum lagi timbul kerepotan-kerepotan yang lainnya. Naik pesawat bersama balita diperlukan beberapa persiapan dan kiat tersendiri. Agar acara penerbangan lancar dan menjadi kegiatan yang menyenangkan, simak tips berikut ini ya Bun :

  1. Jika Bunda terbang jarak jauh dengan si kecil, mintalah kursi sekat dan siapkan tempat tidur bayi sebelum penerbangan. Bassinet dapat digunakan untuk anak hingga usia 18 bulan, namun paling cocok untuk bayi di bawah umur delapan bulan.
  2. Jika Bunda sedang hamil lebih dari 24 minggu, pastikan mendapat surat keterangan dari dokter atau bidan yang menyatakan Bunda boleh terbang.
  3. Tiba di bandara lebih awal sebelum penerbangan. Agar Bunda tidak lari tergesa-gesa sambil menyeret banyak koper dan menggendong atau menggandeng si kecil karena mepet dengan jam penerbagan. Hal ini bisa menjadikan Bunda stres dan kelelahan.
  4. Ingat, di dalam pesawat Bunda tidak boleh membawa tempat air atau makanan lebih besar dari ukuran 100 ml. Susu dan makanan bayi diperbolehkan, namun Bunda akan diminta untuk mencicipinya.
  5. Jika membawa bayi, ambil kain gendongan dan kereta ringan – karena Bunda tidak akan selalu mendapatkannya kembali saat di pintu pesawat.
  6. Periksa bagasi dan hand baggage allowances di situs maskapai penerbagan Bunda. Mencoba mengepak ulang dengan kepanikan di bandara bukan suatu hal yang menyenangkan 🙂
  7. Bawa popok lebih banyak, karena perubahan tekanan udara bisa mengakibatkan gangguan pada perut si kecil.
  8. Beri makan si kecil saat sudah lepas landas dan mendarat untuk mencegah sakit telinga atau susui dengan ASI/sufor. Bunda bisa memberinya permen untuk si kecil berusia 3th+ atau sesuatu yang dapat mereka hisap.
  9. Bawa beberapa mainan ukuran kecil, seperti kertas mewarnai atau buku bergambar. Bagi balita yang sudah lebih besar biarkan mereka bermain game selama mereka suka.
  10. Makanan pesawat masih kurang ramah untuk anak-anak .Bawa beberapa makanan ringan yang tidak lengket dan disukai si kecil. Jangan membawa minuman dalam kemasan karton karena bisa menyemprot ke mana-mana dan tidak bisa ditutup kembali setelah dibuka.
  11. Jika Bunda membawa anak-anak kecil dalam penerbangan panjang, bawakan baju piyama untuk watu malam. Jangan terlalu kawatir tentang jet lag, anak mengalaminya lebih sedikit dibanding orang dewasa.
  12. Terakhir, sediakan selalu tissue kering atau basah, untuk kepraktisanya bisa gunakan Cussons Bathing Wipes bisa untuk menyeka seluruh tubuh anak dan membuatnya menjadi lebih segar

Sumber : Ayahbunda / Google Image

Subscribe

If you enjoyed this article, subscribe now to receive more just like it.

Subscribe via RSS Feed

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Top